Model Pembelajaran SMARP Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kritis.
SMARP Learning Model Based on Augmented Reality to Improve Literacy and Critical Thinking Abilities
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kevalidan model pembelajaran SMARP berbasis augmented reality untuk meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir kritis bagi anak, (2) Menganalisis kepraktisan model pembelajaran SMARP berbasis augmented reality untuk meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir kritis bagi anak, (3) Menguji keefektifan peningkatan kemampuan literasi model pembelajaran SMARP berbasis augmented reality bagi anak, (4) Menguji keefektifan peningkatan kemampuan berpikir kritis model pembelajaran SMARP berbasis augmented reality bagi anak. Metode pada peneltian ini yaitu RnD dengan jenis 4D holistic model. Subjek penelitian 77 anak dari sekolah TK Nada Asobah, TK Labschool 1 dan TK Labschool 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran SMARP berbasis augmented reality valid untuk meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir kritis bagi anak ditunjukkan dengan kelayakan isi model SMARP 92% dengan kriteria valid, kelayakan konstruk adalah 92% dengan kriteria valid, kelayakan modul ajar adalah 91% dengan kriteria valid, kelayakan LKA adalah 91% dengan kriteria valid, kelayakan buku model SMARP adalah 91% dengan kriteria valid, kelayakan lembar penilaian kemampuan berpikir kritis dan literasi adalah 90% dengan kriteria valid, kelayakan lembar Pre-test posttest adalah 90% dengan kriteria valid, kelayakan AR adalah 91% dengan kriteria valid, (2) Kepraktisan model pembelajaran SMARP berbasis AR menunjukkan hasil praktis dengan rata rata setiap indikator 91%, (3) Keefektifan dari model pembelajaran SMARP berbasis AR untuk meningkatkan kemampuan literasi anak dengan menggunakan N-gain score memperoleh nilai rata rata N-gain score yang didapat dari kelas B2 TK Nada Ashoba yang memiliki nilai sebesar 0,827, Kelas B2 TK Labschool 1 memiliki nilai sebesar 0,782, dan kelas B2 TK Labschool 2 memiliki nilai sebesar 0,816 penilaian skor rata rata diatas kriteria minimum 0,3 <n-gain ≤ 0,7 dengan hasil memiliki kategori tinggi (4) Adapun penilaian keefektifan dari model pembelajaran SMARP berbasis Augmented Reality untuk meningkatakn kemampuan berpikir kritis anak dengan menggunakan N-gain score memperoleh nilai rata rata N-gain score yang didapat dari kelas B2 TK Nada Ashoba yang memiliki nilai sebesar 0,845, kelas B2 TK Labschool 1 memiliki nilai sebesar 0,827 dan kelas B2 TK Labschool 2 memiliki nilai sebesar 0,815, Semua hasil nilai tersebut menjelaskan bahwa skor N-gain yang memiliki skor rata rata diatas kriteria minimum 0,3 <n-gain ≤ 0,7 dengan hasil memiliki kategori tinggi. Keefektifan dari model pembelajaran SMARP berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan literasi anak dengan menggunakan Uji t Paired Sample t-test memperoleh nilai yang didapat dari kelas B2 TK Nada Ashoba yang memiliki nilai sebesar 0,000, Kelas B2 TK Labschool 1 memiliki nilai sebesar 0,000, dan kelas B2 TK Labschool 2 memiliki nilai sebesar 0,000 penilian tersebut menjelaskan bahwa skor Uji t Paired Sample t-Test yang memiliki skor t-Test < 0,5 memiliki kategori efektifitas tinggi. Penilaian keefektifan dari model pembelajaran SMARP berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak dengan menggunakan Uji t Paired Sample t-Test didapat dari kelas B2 TK Nada Ashoba yang memiliki nilai sebesar 0,000 kelas B2 TK Labschool 1 memiliki nilai sebesar 0,000 dan kelas B2 TK Labschool 2 memiliki nilai sebesar 0,000, Semua hasil nilai tersebut menjelaskan bahwa skor Uji t Paired Sample t-Test yang memiliki skor t-Test < 0,5 memiliki kategori efektifitas tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SMARP berbasis Augmented Reality dapat meningkatakan kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun.
The objectives of this research are: (The objectives of this research are: (1) To determine the validity of the SMARP learning model based on augmented reality to improve children's literacy and critical thinking skills, (2) To analyze the practicality of the SMARP learning model based on augmented reality to improve children's literacy and critical thinking skills, (3) To test the effectiveness of the SMARP learning model based on augmented reality in enhancing children's literacy skills, (4) To test the effectiveness of the SMARP learning model based on augmented reality in enhancing children's critical thinking skills. The method used in this research is RnD with a 4D holistic model. The research subjects were 77 children from TK Nada Asobah, TK Labschool 1, and TK Labschool 2. The results of the research showed that (1) the SMARP learning model based on augmented reality is valid for improving children's literacy and critical thinking skills, as indicated by the content validity of the SMARP model at 92% with valid criteria, the construct validity at 92% with valid criteria, the teaching module validity at 91% with valid criteria, the LKA validity at 91% with valid criteria, the SMARP model book validity at 91% with valid criteria, the critical thinking and literacy assessment sheet validity at 90% with valid criteria, the Pre-test posttest sheet validity at 90% with valid criteria, and the AR validity at 91% with valid criteria. (2) The practicality of the AR-based SMARP learning model shows practical results with an average of each indicator being 91%. (3) The effectiveness of the AR-based SMARP learning model in improving children's literacy skills using the N-gain score obtained an average N-gain score of 0.827 for class B2 at TK Nada Ashoba, 0.782 for class B2 at TK Labschool 1, and 0.816 for class B2 at TK Labschool 2, with average scores above the minimum criterion of 0.3 < n-gain ≤ 0.7, resulting in a high category. (4) The effectiveness assessment of the AR-based SMARP learning model in enhancing children's critical thinking skills using the N-gain score obtained an average N-gain score of 0.845 for class B2 at TK Nada Ashoba, 0.827 for class B2 at TK Labschool 1, and 0.815 for class B2 at TK Labschool 2. All these scores indicate that the N-gain scores, which are above the minimum criterion of 0.3 < n-gain ≤ 0.7, fall into the high category. The effectiveness assessment of the Augmented Reality-based SMARP learning model in improving children's critical thinking skills using the Paired Sample t-Test obtained a score of 0.000 for class B2 at TK Nada Ashoba, 0.000 for class B2 at TK Labschool 1, and 0.000 for class B2 at TK Labschool 2. All these scores indicate that the Paired Sample t-Test scores, with t-Test scores < 0.5, fall into the high effectiveness category. Thus, it can be concluded that the Augmented Reality-based SMARP learning model can improve the literacy and critical thinking skills of children aged 5-6 years