EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS RANGKAP(MULTIGRADE)
SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKAPURA
KABUPATEN PROBOLINGGO
EVALUATION OF MULTIGRADE (MULTIGRADE) PHYSICAL EDUCATION, SPORT AND HEALTH LEARNING
ELEMENTARY SCHOOL IN KECAMATAN SUKAPURA KABUPATEN
PROBOLINGGO
ABSTRAK
Heru Iskandar Habibi, 2022. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olaharaga dan Kesahatan Kelas Rangkap (Multigrade) Sekolah Dasar Di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Heryanto Nur Muhammad, M.Pd, dan (II) Dr. Advendi Kristiyandaru,S.Pd, M.Pd.
Kata-kata kunci: Pembelajaran PJOK Multigrade, Evaluasi, CIPP
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang implementasi pembelajaran yang meliputi: perencanaan, penataan pelaksanaan, hasil program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas Rangkap di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru PJOK, dan Siswa-siswi Sekolah multigrade di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Dalam pengumpulan data peenliti menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa (1) dalam aspek perencanaan program dengan indikator relevansi pembelajaran PJOK Kelas Rangkap dengan kurikulum 2013 berada pada kategori baik dan sudah disesuaikan dengan SE Kemendikbud No.15 Tahun 2020 pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19; (2) dalam aspek penataan program dengan indikator latar belakang guru dan keterlibatan siswa masuk pada kategori baik, pada indikator sarana dan prasarana berada pada kategori baik, serta pada indikator persiapan mengajar berada pada kategori baik; (3) pada aspek pelaksanaan program dengan indikator pelaksanaan pembelajaran PJOK masuk kedalam kategori baik; (4) aspek hasil program pembelajaran dengan indikator tingkat pemahaman siswa menunjukkan siswa-siswi di setiap sekolah dominan mendapatkan nilai diatas KKM atau dapat dinyatakan lulus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK Kelas Rangkap di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo menunjukkan hasil yang baik.
ABSTRACK
Heru Iskandar Habibi, 2022. Evaluation of PJOK Learning for Multigrade Elementary Schools in Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Thesis. Sports Education Study Program. Postgraduate of the State University of Surabaya. Supervisor (I) Dr. Heryanto Nur Muhammad, M.Pd, and (II) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd, M.Pd.
Keyward : Learning PJOK Multigrade, CIPP
This study aims to analyze the implementation of learning which includes: planning, structuring implementation, the results of the Multigrade Physical Education and Sports Education (PJOK) learning program in Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo using the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation model. The subjects in this study were headmaster, classroom teachers, PJOK teachers, and students from multigrade schools in Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. In collecting data the researchers used interviews, questionnaires and documentation. Analysis of the data used is descriptive quantitative analysis. The evaluation results show that (1) in the aspect of program planning with indicators of the relevance of Multigrade PJOK learning with the 2013 curriculum, it is in the good category and has been adjusted to the SE Kemendikbud No. 15 of 2020 the implementation of education in the Covid-19 emergency period; (2) in the aspect of program management with indicators of teacher background and student involvement in the good category, the facilities and infrastructure indicators are in the good category, and the teaching preparation indicators are in the good category; (3) in the aspect of program implementation with indicators of PJOK learning implementation in the good category; (4) the aspect of learning program outcomes with indicators of student understanding levels shows that students in each dominant school get scores above the KKM or can be declared pass. Thus, it can be concluded the MultigradePJOK learning in Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo shows good results.