Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi
berbasis android rangkaian filter pada mata pelajaran penerapan rangkaian
elektronika untuk peserta didik kelas XI Teknik Audio Video dan mengetahui
kelayakan aplikasi berbasis android rangkaian filter berdasarkan penilaian ahli
media, ahli materi, praktisi pembelajaran, dan respon dari peserta didik.
Penelitian ini
menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE.
Tahapan penelitian ini memiliki 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design
(desain), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi) dan Evaluating (evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli
media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran yaitu guru SMK Negeri 3 Surabaya.
Media yang dikembangkan oleh peneliti ini diimplementasikan kepada 35 peserta
didik kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya
tingkat kelayakan media pembelajaran aplikasi berbasis android rangkaian filter
mendapatkan hasil rating validasi media sebesar 94,2% dengan kategori sangat
layak, hasil rating validasi materi
sebesar 95% dengan kategori sangat layak, hasil rating validasi RPP sebesar
95,8% dengan kategori sangat layak, hasil rating validasi LKPD sebesar 95,8%
dengan kategori sangat layak, hasil rating validasi lembar tes proyek sebesar 95,2%
dengan kategori sangat layak, hasil rating validasi tes kompetensi pengetahuan
sebesar 95,8% dengan kategori sangat layak, dan hasil rating respon peserta
didik sebesar 81,9% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil post-test peserta
didik mendapatkan nilai rata-rata 86,57. Berdasarkan hasil
penelitian ini, media pembelajaran aplikasi berbasis android rangkaian filter
layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
Kata kunci: Media Pembelajaran,
Aplikasi Android, Kelayakan.