ABSTRAK
PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KBA BUDI UTAMA SURABAYA
Nama : Choirul Islamiyah
NIM : 15010034044
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Heryanto Susilo, M.Pd
Manusia merupakan makhluk yang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Perkembangan dimulai dari lingkungan keluarga yang melibatkan orang tua. Sifat dasar anak yang egosentris hendaknya diikuti dengan sikap orang tua yang dapat mengubah sifat egosentris tersebut membentuk jati diri anak yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini serta mengetahui perkembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini adalah sebagai pendidik pertama dan utama, sebagai model, dan sebagai teman bagi anak. Hal ini terbukti orang tua mengajarkan hal-hal yang sederhana dan dasar kepada anak untuk bersikap mandiri dan memiliki sikap prososial, seperti merapikan sesuatu setelah dipakai, mendidik anak untuk bersikap sopan kepada orang lain, dan sebagainya. Kemudian peran yang kedua sebagai model diantaranya mengajak anak sekaligus mencontohkan untuk saling berbagi kepada teman, mengajak anak untuk bertanggungjawab atas kewajiban sederhananya. Selanjutnya peran sebagai teman dilakukan orang tua dengan menganggap anak adalah sebagai teman sehingga membuat anak menjadi semakin dewasa dan mandiri.
Kata Kunci :Peran Orang Tua, Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini.
ABSTRACT
Parents Role Toward Emotional Social Advancement for Early Age Children in TK KBA Budi Utama Surabaya
Name : Choirul Islamiyah
Department : Non-Formal Education
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Heryanto Susilo, M.Pd
Humans is a being or race that having experience to growth and to develop. In the process, the human advancement starts when family as their first environment that involve parent and parent role is to do parenting or guiding to their children. Children must be guided to gain social access emotionally.
The purpose of this study or research is to describe the parent role in order to make early age children advance their capability in emotion-social-life and to watch the early age children growth. This research is using qualitative research method on case-analysis-study by using interview, observation, and documentation as the instrument.
The result of this study is to show the parents role in early children advancement in emotional-social life, while parents is children’s first and the prime teacher to their children. Another point of view as model to support in the process of parenting. Parents as children first and the prime teacher as the role model to teach their children about responsibility, capability, and standard attitude as basic of advancement. On the other hand, parents that did not apply those role toward children, then the children’s advancement cannot be maximized. It will create the children childish and having less standard attitude.
KEYWORD: parent’s role, the advancement of early age children’s emotional-social-life