Metakognisi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif Adaptasi dan Inovasi
Junior High School Students' Metacognition in Solving Geometry Problems in terms of Adaptive and Innovation Cognitive Style
Pemecahan masalah adalah salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam memecahkan masalah yaitu metakognisi. Metakognisi adalah kesadaran siswa dalam menggunakan pemikirannya untuk merencanakan, memantau apa yang dilakukan, dan mengevaluasi proses serta strategi kognitif yang telah dilakukannya. Ketika berpikir, manusia melakukan aktivitas berpikir dengan cara yang berbeda-beda. Aktivitas berpikir yang berbeda disebut dengan gaya kognitif. Gaya kognitif yang sesuai untuk memecahkan masalah adalah gaya kognitif adaptasi dan inovasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Awalnya, siswa diberikan Tes Kemampuan Matematika, kemudian diberikan Angket Gaya Kognitif Adaptasi dan Inovasi untuk mendapatkan siswa yang memiliki gaya kognitif adaptasi dan inovasi. Selanjutnya diberikan Tes Pemecahan Masalah Geometri untuk mengetahui metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah geometri. Subjek penelitian ada 4 siswa kelas VIII yaitu terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif adaptasi dan 2 siswa dengan gaya kognitif inovasi. Perbedaan metakognisi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari gaya kognitif adaptasi dan inovasi, pada tahap memahami masalah subjek dengan gaya kognitif adaptasi melakukan aktivitas perencanaan dalam memahami masalah yaitu dengan membaca, memperhatikan informasi penting serta menggambar. Sedangkan pada subjek dengan gaya kognitif inovasi melakukan aktivitas perencanaan dalam memahami masalah yaitu membaca satu kali dan menuliskan informasi penting. Pada tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek dengan gaya kognitif adaptasi melakukan aktivitas mengevaluasi tindakan ketika membuat rencana pemecahan masalah yaitu subjek tidak memikirkan strategi lain yang lebih baik karena subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan cara yang ada pada buku, subjek dengan gaya kognitif inovasi melakukan aktivitas mengevaluasi tindakan ketika membuat rencana pemecahan masalah yaitu subjek memikirkan strategi lain yang lebih baik dari strategi yang sudah ada karena subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan caranya sendiri yang menurut subjek cara cepat. Ketika melaksanakan rencana pemecahan masalah ada persamaan antara subjek dengan gaya kogntif adaptasi dan inovasi yaitu melakukan aktivitas pemantauan dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek yakin dengan strategi dan pengetahuan yang telah digunakan dapat menyelesaikan masalah yang diberikan. Pada tahap terakhir yaitu memeriksa kembali hasil pemecahan masalah terdapat perbedaan, subjek dengan gaya kognitif adaptasi melakukan aktivitas pemantauan dalam memeriksa kembali hasil pemecahan masalah yaitu dengan mngerjakan kembali di kertas lain untuk memantau setiap langkah pengerjaannya dan perhitungan yang telah dilakukan. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif inovasi melakukan aktivitas pemantauan dalam memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan memeriksa pelan-pelan mengenai langkah pengerjaannya yang telah dilakukan.
Problem solving is one of the important aspects in mathematics learning. One of the factors that influence success in problem solving is metacognition. Metacognition is the awareness of students in using their mind to plan, monitor, and evaluate the cognitive processes and strategies that have been used. When thinking, humans do the activity of thinking in a different way. Different thinking activities are called cognitive styles. Cognitive styles that are appropriate for problem solving are adaptive and innovative. This research is a descriptive qualitative. First, students are given a Mathematical Ability Test, then given an Adaptation and Innovation Cognitive Style Questionnaire to get students who have an adaptive and innovative cognitive style. Next, a Geometry Problem Solving Test is given to determine students' metacognition in solving geometric problems. The research subjects were 4 students of class VIII consisting of 2 students with adaptive cognitive style and 2 students with innovative cognitive style. Differences in metacognition of junior high school students in solving geometry problems in terms of cognitive adaptation and innovation styles, at the stage of understanding problems with adaptive cognitive styles carry out planning activities in understanding problems, namely by reading, paying attention to important information and drawing. Meanwhile, subjects with innovative cognitive style perform planning activities in understanding the problem, namely reading once and writing down important information. At the stage of making a problem-solving plan, the subject with an adaptive cognitive style carries out the activity of evaluating actions when making a problem-solving plan, namely the subject does not think of another better strategy because the subject solves the problem in accordance with the way in the book, the subject with an innovative cognitive style carries out the activity of evaluating the action, when making a problem-solving plan, the subject thinks of another strategy that is better than the existing strategy because the subject solves the problem in his own way which according to the subject is a fast way. When carrying out the problem-solving plan, there are similarities between the subject with the cognitive style of adaptation and innovation, namely carrying out monitoring activities in implementing the problem-solving plan, the subject is sure that the strategies and knowledge that have been used can solve the given problem. In the last stage, namely re-examining the results of problem solving, there are differences, subjects with adaptive cognitive style carry out monitoring activities in re-examining the results of problem solving, namely by re-working on another paper to monitor each step of the process and the calculations that have been carried out. While the subject with the cognitive innovation style performs monitoring activities in re-examining the results of problem solving by examining slowly the steps that have been carried out.