Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII SMP
Development of Android-Based Interactive Multimedia Learning Media in Social Studies Learning for Class VII SMP
Pendidikan di era revolusi industi 4.0 merupakan pendidikan yang menuntut guru untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam pengajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang modern sesuai dengan masanya, seperti aplikasi android. Penggunaan media ini bisa membuat pengajaran jadi lebih aktif dan tidak membosankan. Hal inilah yang melatar belakangi pembuatan multimedia interaktif berbasis android untuk mapel IPS kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran berbasis android untuk disiplin ilmu IPS. Metode pengembangan 4D digunakan untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP HangTuah 1 Surabaya tentang perkembangan bangsa Indonesia di masa praaksara. Media ini memuat lima menu utama yaitu, tujuan pembelajaran, materi, video pembelajaran, evaluasi, dan sumber belajar. Adapun hasil validasi dari media ini adalah rata-rata validasi dua guru IPS 4,6, rata-rata validasi dua dosen ahli 4,6, dan rata-rata nilai validasi 20 siswa 4,7. Berdasarkan hasil validasi tersebut, media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android ini dapat dikatakan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Education in industrial revolution 4.0 era is an education that requires teacher to be more creative and innovative in teaching. One of them is to use modern learning media according to the time, such as android application. The use of this media can make teaching more active and not boring. Thisis the background for making android based interactive multimedia for class VII social studies subject. It is the goal of this research to build Android-based learning media for social studies disciplines. The 4D development method was used to carry out this study. This research was conducted in class VII at SMP HangTuah 1 Surabaya performed research on Indonesian nation in the pre-literacy period. This media contains five main menus, namely: Learning objectives, materials, learning videos, evaluations, and learning resources. The result of the validation of this media are the average validation of two social studies teacher is 4.6, the average of two expert lecturers' validation scores were 4.6, and 20 students' validation scores were 4.7 on average. Based on the validation results, the Android-based interactive multimedia learning medium can be considered extremely good and viable for use in the learning process.