PEMBELAJARAN BIOLA GRADE 11 SECARA DARING DI LEMBAGA KURSUS MOSHI-MOSHI CREATIVE MUSIC SCHOOL
ELEVENTH GRADE VIOLIN ONLINE LEARNING IN MOSHI-MOSHI CREATIVE MUSIC SCHOOL COURSE
Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar dalam aspek pendidikan. Moshi-moshi Creative Music School (MCMS) adalah salah satu lembaga pendidikan musik nonformal yang memiliki kurikulum khusus yang dirancang oleh Yamaha Music Foundation Jepang (YMF). Tujuan dari penelitian ini ialah mengkaji bagaimana MCMS melakukan pembelajaran biola secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber informan berupa siswa, guru, dan direktur MCMS. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran biola yang dilakukan secara daring oleh MCMS dilaksanakan dengan mengacu pada kurikulum YMF. Pembelajaran biola di MCMS menggunakan model pembelajaran daring dengan alokasi waktu 30 menit, yang terdiri dari persiapan, kegiatan inti, dan penutup. Pada setiap tahapan, memiliki metode yang berbeda dimana terdiri dari metode ceramah, demonstrasi, imitasi dan drill. Media/aplikasi pembelajaran menggunakan zoom meeting, materi buku yang sudah disediakan, serta media aural yang dibuat oleh guru. Sementara itu, terdapat evaluasi mikro dan evaluasi makro pada pembelajaran di MCMS. Pembelajaran biola secara daring ini dapat dikatakan cukup baik dan efektif walaupun tetap masih belum dilakukan secara optimal dalam melakukan pembelajaran daring dimana terdapat aspek yang belum terpenuhi yaitu kreatifitas dalam melakukan pembelajaran daring.
The COVID-19 has a major impact on education. Moshi-moshi Creative Music School (MCMS) is a non-formal music education institution that has a special curriculum designed by Yamaha Music Foundation Japan (YMF). The purpose of this study is to examine how MCMS conduct online violin learning. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection sources through interviews, observations, documentation with informants sources in the form of students, teachers, and the MCMS director. The data obtained will be analyzed using data reduction, data presentation, and conclusions. The validity of the data in this study used source triangulation and technique triangulation. The result of this research is, online violin learning by MCMS is carried out with reference to the YMF’s curriculum. Learning the violin at MCMS uses an online learning model with an allotted time of 30 minutes, which consists of preparation, core activities, and closing. At each stage, there are different methods which consist of lecture, demonstration, imitation and drill methods. Learning media/applications use zoom meetings, book materials that have been provided, and aural media created by the teacher. Meanwhile, there are micro-evaluations and macro-evaluations on learning in MCMS. This online violin learning can be said to be quite good and effective, although it is still not done optimally in online learning where there are aspects that have not been fulfilled, namely creativity in online learning.