Studi Mengenai Kecanduan Internet dan FoMO (Fear Of Missing Out) Pada Siswa di SMK Negeri 1 Driyorejo
Case Study About Internet Addiction and FoMO (Fear Of Missing Out) In SMK Negeri 1 Driyorejo
Dewasa ini internet berhasil menjadi alat komunikasi utama yang sangat diminati oleh semua generasi. Tingginya tingkat penggunaan internet pada siswa dapat menimbulkan masalah baru yaitu Fear Of Missing Out (FoMO). Dengan adanya FoMO dapat menimbulkan sebuah kecanduan terhadap penggunaan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kecanduan internet dan FoMO yang dialami oleh siswa, bagaimana dampak yang ditimbulkan serta peranan guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bentuk-bentuk kecanduan yang sering dialami siswa yaitu kesulitan mengontrol penggunaan internet untuk mencari informasi-informasi terbaru. Dampak yang paling banyak ditimbulkan adalah pada aspek akademik, dimana siswa sering mengabaikan tugas serta penuruan nilai pada raport. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa guru bimbingan dan konseling memiliki peran yang cukup penting untuk membantu siswa terhindar dari permasalahan tersebut. Peranan tersebut ialah dengan melakukan konseling individu kepada siswa yang mengalami kecanduan internet dan FoMO agar siswa tersebut dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik.
Kata Kunci : Kecanduan Internet, FoMO, Siswa
The internet nowdays has become the main communication that is in great demand by all generations. The high level of internet usage can causes new problems, like anxiety or fear of losing moments or it called Fear of Missing Out (FoMO.) FoMO can cause an addiction to internet usage. This study aims to find out how the forms of internet addiction and FoMO are experienced by students who are included in the mileinial generation. This research will also discuss about the impacts on students due to internet and FoMO addictions and the role of guidance and counseling teachers. This research uses a qualitative approach with a case study method. The data obtained were taken through interviews, observation and documentation.The results of this research is talk about the types of addiction like the difficulty in controlling the use of the internet just to find the latest information. Then, the most impact is on the academic aspect, where students often ignoring assignments and reducing grades on report cards. In this case, the guidance and counseling teacher has an important role to help students avoid these problems. The role is to do individual counseling for students who are addicted to the internet and FoMO, so that students can change their behavior for the better.
Keywords : Internet addiction, FoMO, Student