PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN METODE PQ4R
DEVELOPMENT OF STUDENT ACTIVITY SHEETS USING PQ4R METHOD
Proses pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) bermetode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) diketahui dapat meningkatkan kemampuan memahami peserta didik dengan langkah-langkah PQ4R untuk menciptakan proses membaca yang efektif. Materi perbedaan saldo kas dan saldo bank serta rekonsiliasi bank pada LKPD ini berupa konsep yang disajikan dalam bentuk tulisan dan angka, sehingga menekankan peserta didik untuk melakukan aktivitas membaca dalam memahami konsep dari setiap materi. Peranan LKPD PQ4R dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terencana dengan baik, mandiri, dan tuntas. Dengan begitu kebutuhan kompetensi pendidikan terpenuhi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu bahan ajar berupa LKPD menggunakan metode PQ4R pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Kurang lengkapnya bahan ajar yang digunakan serta tidak adanya bahan ajar pendukur dari bahan ajar utama pada pembelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Duduk Sampeyan, untuk itu dikembangkan bahan ajar berupa LKPD Akuntansi Keuangan kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Duduk Sampeyan pada materi perbedaan saldo kas dan saldo bank serta rekonsiliasi bank menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah ahli, lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian berupa: 1) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) menggunakan metode PQ4R, 2) Kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik terdiri atas kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan, memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 81,95%, dengan kategori sangat layak, 3) Respon peserta didik memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 97,33%, dengan kategori sangat baik.
The learning process that takes place by using the PQ4R method LKPD is known to improve students' understanding ability with PQ4R steps to create an effective reading process. Material differences in cash balances and bank balances and bank reconciliation in LKPD in the form of concepts presented in written form and numbers, thus emphasizing students to read to understand the concepts of each material. The role of LKPD PQ4R can create learning activities that are better planned, independent and complete. That way the educational competency needs are met. The purpose of this research is to produce a teaching material in the form of LKPD using the PQ4R method in financial accounting subjects. The incomplete teaching materials used and the lack of measuring teaching materials from the main teaching materials in financial accounting learning at SMK Negeri 1 Duduk Sampeyan, for this purpose, instructional materials developed in the form of Financial Accounting LKPD class XI on material differences in cash and bank balances and bank reconciliation using PQ4R method. This research is a type of development research (R&D) with a 4D model according to Thiagarajan which includes four stages of development, namely defining, designing, developing, and spreading. The instruments used were expert study sheets, expert validation sheets and student questionnaire responses. The results of the research are: 1) Development of Student Activity Sheets (LKPD) using the PQ4R method, 2) Eligibility for Student Activity Sheets consisting of content worthiness, presentation, language and graphics, obtaining an overall average yield of 81.95%, with categories very feasible, 3) The response of students obtained an overall average of 97.33%, with a very good category.
Keywords: LKPD, PQ4R Method, Financial Accounting