STUDY EKSPERIMEN KOMPARASI VARIASI FORK SPRING IND DAN AHM TERHADAP PENGARUH PERCEPATAN GETARAN
COMPARATIVE EXPERIMENTAL STUDY OF FORK SPRING IND AND AHM VARIATIONS ON THE EFFECT OF VIBRATION ACCELERATION
ABSTRAK
Nama : Dandy Syah Putra
NIM : 18050755006
Program Studi : S1 Teknik Mesin
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Diah Wulandari, S.T., M.T.
Sistem suspensi merupakan bagian sepeda motor yang berfungsi menyerap getaran dan kejutan dari permukaan jalan sehingga meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan stabilitas berkendara. Suspensi terdiri dari dua komponen utama yaitu fork spring dan shock absorber. Dimana fork spring berfungsi untuk menyerap dan meredam kejutan permukaan jalan, spring harus fleksibel akan tetapi jika terlalu fleksibel dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara, sehingga memerlukan komponen peredam untuk meredam getaran. Suatu contoh getaran pada Fork Spring sepeda motor. Dimana getaran dan kejutan dari permukaan jalan dapat mengakibatkan terjadinya keausan serta dapat membuat kita merasa tidak nyaman sehingga pengaruh selanjutnya adalah kita mudah kelelahan dalam perjalanan yang cukup jauh dan waktu yang cukup lama. Dengan adanya permasalahan tersebut penulis melakukan studi eksperimen untuk memecahkan permasalahan.
Penulis menggunakan metode penelitian secara Study Eksperimen, dengan mencari pengaruh variabel Independen dan Dependen. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara pencatatan data keluaran secara otomatis hasil pengujian yang selanjutnya membandingkan hasil data keluaran melalui grafik perbandingan dan mendeskripsikannya menggunakan kalimat sederhana agar mempermudah dalam.pemahamannya.
Hasil dari study eksperimen variasi fork spring IND dan AHM mendapatkan hasil tren grafik yang rendah pada fork spring IND, yang menandakan fork spring IND sangat baik dalam menerima fenomena getaran yang terjadi dibandingkan dengan fork spring AHM yang memiliki tren lebih tinggi.
Kata Kunci : Getaran, Mode Shapes Analyzer, Fork Spring
ABSTRACT
Name : Dandy Syah Putra
Student ID Number : 18050755006
Study Program : S1 Of Mechanical Engineering
Consentration : Manufacture
Departement : Mechanical Engineering
Faculty : Engineering
Nama Lembaga : State University Of Surabaya
Mentor : Diah Wulandari, S.T., M.T.
The suspension system is a part of a motorcycle that functions to absorb vibrations and shocks from the road surface thereby increasing safety, comfort, and driving stability. The suspension consists of two main components, namely the fork spring and shock absorber. Where the fork spring functions to absorb and dampen the shock of the road surface, the spring must be flexible but if it is too flexible it can interfere with driving comfort, thus requiring a damper component to dampen vibrations. An example of vibration on a motorcycle fork spring. Where vibrations and shocks from the road surface can cause wear and tear and can make us feel uncomfortable so that the next effect is that we are easily exhausted on long trips and long periods of time. With these problems the authors conducted an experimental study to solve the problem.
The author uses the research method by Experimental Study, by looking for the influence of the Independent and Dependent variables. The data retrieval process is carried out by automatically recording the output data of the test results which then compares the results of the output data through comparison charts and describes them using simple sentences to make it easier to understand.
The results of the experimental study of variations of the fork springs IND and AHM get a low graph trend for the fork spring IND, which indicates that the IND fork spring is very good at accepting the vibration phenomenon that occurs compared to the fork spring AHM which has a higher trend.
Keywords: Vibration, Shape Analyzer Mode, Fork Spring