Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting untuk dikembangkan yaitu kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif dibagi 3 lingkup perkembangan yaitu belajar dan pemecahan masalah, berpikir simbolik dan berpikir logis. Mengenal bentuk geometri pada anak usia 4—5 tahun dapat dilakukan dengan cara menyebutkan bentuk geometri, menunjukkan bentuk geometri, dan mengelompokkan bentuk geometri. Berdasarkan hasil observasi anak masih kurang dalam mengenal bentuk geometri. Hal ini terlihat ketika anak-anak diminta untuk membedakan antara bentuk persegi dan persegi panjang. Sehingga peneliti menghadirkan media yang dapat mengatasi permasalahan tersebut dan menjawab sebuah tantangan revolusi industri 4.0 yang sekarang dihadapi oleh era pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media CAI (Computer Assisted Instruction)terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis penelitian quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah 75 anak terdiri dari RA Nur Rahmah dengan jumlah 38 anak, dan TK AR-Rosyidah dengan jumlah 37 anak. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Indikator penilain yang digunakan pada penelitian ini adalah menyebutkan bentuk geometri, menunjukkan bentuk geometri, menghubungkan bentuk geometri 2 dimensi dan 3 dimensi (benda- benda disekitar), dan mengelompokan benda-benda disekitar. Penggunaan media CAI(Computer Assisted Instruction) yang digunkan untuk mengenal bnetuk geometri dilakukan 3 kali tahapan.
Berdasarkan hasil penelitian rata- rata sebelum perlakuan 10,77, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah perlakuan 12,66. Uji hipotesis melalui uji many-whitneydiperoleh nilai sig 0,000 < alpha (0,05) sehingga diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media CAI(Computer Assisted Instruction) merupakan media yang lebih efektif digunakan sebagai proses pembelajaran mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.
Kata kunci : pengaruh media CAI, bentuk geometri.
One aspect of early childhood development that is very important to develop is cognitive ability. Cognitive ability is divided into 3 developmental areas, namely learning and problem solving, symbolic thinking and logical thinking. Knowing geometric shapes in children aged 4-5 years can be done by mentioning geometric shapes, showing geometric shapes, and classifying geometric shapes. Based on observations, children are still lacking in recognizing geometric shapes. This is shown when children are asked to distinguish between square and rectangular shapes. So that researchers present media that can overcome these problems and answer the challenges of industrial revolution 4.0 which is faced by the education era at present. This study aims to determine the effect of CAI (Computer Assisted Instruction)media on the ability to recognize geometric shapes in children aged 4-5 years.
This study uses descriptive quantitative research in the type of quasi experimental design with nonequivalent control group design. The population used in this study are children aged 4-5 years totaling 75 children consist of RA Nur Rahmah with 38 children, and TK AR-Rosyidah with 37 children. The data collection techniques use observation and documentation. The assessment indicators used in this study are to mention geometric shapes, show geometric shapes, connect 2-dimensional and 3-dimensional geometric shapes (surrounding objects), and group objects around. The use of CAI (Computer Assisted Instruction)media that used to recognize geometry is done three times.
Based on the results of the research before the treatment 10.77, while the results of the study average after treatment 12.66. Hypothesis testing through many-whitney test obtained sig 0,000 <alpha (0,05) so it was decided to reject Ho and accept Ha. These results indicate that CAI (Computer Assisted Instruction)media is a media more effective used as a learning process to recognize geometric shapes in children aged 4-5 years.
Keywords: CAI media the effect, geometry shape.