ABSTRAK
PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR (REB) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF REMAJA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMKN 8 SURABAYA
Nama : Aggrivta Sisilia Rangga Dewi
NIM : 15010014023
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Mochamad Nursalim, M.Si
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan konsep diri positif siswa yang berasal dari keluarga broken home melalui konseling Rational Emotive Behavior (REB) di SMK Negeri 8 Surabaya, proses konseling dilaksanakan sebanyak 5 kali. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Pre-Experimental dengan rancangan penelitian Pre-Test Post-Test one group designs. Untuk alat pengumpul data menggunakan angket konsep diri untuk siswa yang berasal dari keluarga broken home, angket tersebut terdiri dari 33 item pernyataan. Pada penelitian ini terdapat lima subjek penelitian berasal dari kelas X yang berasal dari keluarga broken home dengan perolehan skor konsep diri negatif yang telah diukur menggunakan angket konsep diri. Untuk analisis data pada penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji jenjang Wilcoxon.
Dari hasil perhitungan mean terdapat peningkatan skor konsep diri yaitu mean Pre-Test sebesar 76.8 dan mean Post-Test sebesar 97, sehingga terdapat peningkatan sebesar 20.2. Untuk uji Wilcoxon penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 22 dan hasil Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0.043. Apabila ketetapan α sebesar 0.05, maka 0.043 < 0.05. Sehingga disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hipotesis, disimpulkan bahwa konseling Rational Emotive Behavior (REB) dapat menungkatkan konsep diri positif siswa SMK Negeri 8 Surabaya yang berasal dari keluarga broken home.
Kata kunci: Konseling Rational Emotive Behavior (REB), Konsep Diri, Broken Home
ABSTRACT
APPLYING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR (REB) COUNSELING TO IMPROVE POSITIVE SELF CONCEPT OF YOUTH FROM BROKEN HOME FAMILY AT SMKN 8 SURABAYA
Name : Aggrivta Sisilia Rangga Dewi
Ragistration Number : 15010014023
Study Program : S-1 Guidance and Counseling
Department : Guidance and Counseling
Faculty : Education
Institute Name : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Mochamad Nursalim, M.Si
The purpose of this study was to improve the positive self-concept of students who came from broken home families through of Rational Emotive Behavior (REB) counseling at SMK Negeri 8 Surabaya, the counseling process was carried out 5 times. The study used was a Pre-Experimental type research with Pre-Test Post-Test one group designs. For data collection using self-concept questionnaires for students from broken home families, the questionnaire consisted of 33 item statements. In this study there were five research subjects from class X who came from broken home families with the acquisition of a negative self-concept score that had been measured using a self-concept questionnaire. For data analysis in this study is non parametric statistics using the Wilcoxon test.
From the results of the mean calculation there is an improve of self-concept score, the mean of Pre-Test is 76.8 and the mean Post-Test is 97, so there is an increase of 20.2. for the Wilcoxon test this study used SPSS 22 and the results of Asymp. Sig (2-tailed) is 0.043. If the provision of α is 0.05, then 0.043 < 0.05. So it was concluded that Ho was rejected and Ha was accepted. Based on the hypothesis, it can be concluded that Rational Emotive Behavior (REB) counseling can improved the positive self-concept of students at SMK Negeri 8 Surabaya from a broken home family.
The keys: Rational Emotive Behavior (REB) Counseling, Self-Concept, Broken Home