Sekolah merupakan wadahnya seseorang menuntut ilmu dan belajar akan segala sesuatu. Salah satunya mengerti tentang ilmu kesehatan pribadi dan belajar untuk menerapkannya di lingkungan sekolah. Kesehatan pribadi siswa dapat menjadi salah satu acuan keberhasilan pendidikan pada suatu sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kesehatan pribadi dan status gizi siswa antara sekolah full day dan sekolah reguler. Penelitian ini mengambil kelompok sampel yang dibandingkan yaitu sekolah full day (SDIT Utsman Bin Affan) dengan sekolah reguler (SDN Lakarsantri II) tanpa mendapatkan perlakuan dari peneliti. Untuk pemilihan sampel peneliti pertama menggunakan teknik purposive sampling kemudian menggunakan cluster random sampling, peneliti menggunakan uji t dan chi square untuk sampel yang berbeda.
Dari hasil penghitungan uji t kesehatan pribadi diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) 0,029 < 0,05 maka H₁ diterima. Sedangkan hasil pengujian chi square status gizi diperoleh hasil p-value sebesar 2,231 dan sig 0,526. Hal ini menunjukan bahwa sig (0,526) alpha 0,05 yang berarti diterima H₁ ditolak dan Ho diterima.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Ada perbedaan yang bermakna antara kesehatan pribadi siswa sekolah full day (SDIT Utsman Bin Affan) dan siswa sekolah reguler (SDN Lakarsantri II) dan tidak ada perbedaan yang bermakna antara status gizi siswa sekolah full day (SDIT Utsman Bin Affan) dan siswa sekolah reguler (SDN Lakarsantri II). Jadi kesehatan pribadi sekolah full day lebih baik daripada sekolah reguler.
Kata kunci : Kesehatan, status gizi, full day, reguler.
School is a place for someone to study and learn about everything. One of them understood personal health science and learned to apply it in the school environment. Student’s personal health can be one of the references to the success of education in a school.
The purpose of this study is to determine whether there are differences in personal health and nutritional status of students between full-day schools and regular schools. This study took a sample group that is compared to a full-day school (SDIT Utsman Bin Affan) with a regular school (SDN Lakarsantri II) without getting treatment from researchers. For sample selection the first researcher used a purposive sampling technique and then used a cluster random sampling, the researcher used the t test and chi square for different samples.
From the results of t-test calculations using SPSS, it is known that sig. (2-tailed) 0.029 <0.05 then H₁ is accepted. By using calculations through SPSS V21.0 shows the results of a value of 2.231 and sig 0.526. This shows that sig (0.526) alpha 0.05, which means H₀ accepted.
From the results of the study, it can be concluded that: There is a significant difference between the personal health student of full-day school (SDIT Utsman Bin Affan) and regular day school (SDN Lakarsantri). However, for nutritional status, there was no significant difference between students of full-day school (SDIT Utsman Bin Affan) and regular day school (SDN Lakarsantri).
Keywords: Personal health, nutritional status, full-day, regular.