Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media modul yang sesuai dengan kebutuhan, menguji kelayakan penggunaan media modul, dan menguji keefektifan penggunaan media modul pada mata pelajaran Simulasi Digital materi pokok Komunikasi Dalam Jaringan untuk siswa kelas X SMK AlAzhar Menganti Gresik. Desain penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest One Group Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner atau angket, dan tes. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data studi pendahuluan untuk menggali potensi masalah yang terdapat pada subjek penelitian. Teknik kuesioner atau angket digunakan untuk memperoleh data tentang validasi materi, validasi media, dan kelayakan media yang ditujukan kepada sasaran pengembangan. Tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang penggunaan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Data yang diperoleh dari kedua ahli materi, memperoleh presentase nilai sebanyak 88,88%. Data yang diperoleh dari kedua ahli media, memperoleh presentase nilai sebanyak 89,65%. Data yang diperoleh dari ahli rpp mendapat presentase nilai sebanyak 85%. Pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian bahwa dari semua aspek angket mendapatkan presentase nilai masing-masing sebanyak 91,66%, 95,13%, dan 98,33%. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunakan uji-t dengan d.b= N-1 = 34-1 = 33 (Dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = 2,032 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 15,08 > 2,032, dengan demikian menunjukkan bahwa media modul ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Simulasi Digital materi Komunikasi Dalam Jaringan
Kata Kunci: Modul, Komunikasi Dalam Jaringan, Simulasi Digital
Abstract
The purpose of this research is to produce the module media as needed, test the feasibility of using module media, and test the effectiveness of module media usage on the natural science subjects Digital Simulation in 10th grade Al-Azhar Vocational High School Menganti Gresik .The design of this study using the Pretest-Posttest One Group Design. Data were collected using interview techniques, questionnaire and tests. Interview techniques are used to obtain preliminary study data to explore potential problems that are found on the subject of research. The questionnaire technique are used to obtain data on material validation, media validation, and media feasibility addressed to development targets. Tests are used to obtain quantitative data about the use of module. The results showed that the data collected from the design of learning experts got 85%. Data obtained from both material experts, have a percentage each of 88%. Data obtained from both media experts, have a percentage each of 89,65%. In individual trials, small group trials and trial usage that from all aspects of the questionnaire obtained a percentage of each grade of 91,66%, 95,13%, and 98,33%. Furthermore, to know the effectiveness of media using t-test with d.b = N-1= 34-1 = 33 (consulted with t table value) with value 0,05 price t = 2,032 where in this development yield t count bigger than t table 15,08 > 2,032, there by indicating that the medium of this module is very effective when used in Digital Simulation learning activities material Communication in Networks Keywords: Module, Communication in Networks, Digital Simulation