Suatu penelitian menyatakan bahwa semakin tinggi minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dapat dicapai siswa. Agar siswa mampu menikmati proses belajarnya, maka diperlukan suatu pembelajaran yang mampu menyenangkan siswa. Berdasarkan hasil respon siswa, lebih dari sebagian siswa menyukai jenis bacaan komik dengan berbagai gambar dan informasi yang disajikan di dalamnya. Dengan demikian, peneliti berinisiatif untuk menyajikan konsep matematika kedalam bentuk LKS komik yang dapat dikerjakan siswa dengan tambahan unsur sejarah matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis komik edukasi sejarah matematika pada materi Pythagoras yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa berdasarkan tiga aspek valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengikuti model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). LKS komik sejarah dikembangkan secara manual dan digital dengan bantuan aplikasi Sai Paint Tools dan Corel Draw. Dalam mengumpulkan dan mengolah data hasil belajar siswa, peneliti menggunakan metode pretest-posttest dan teknik analisis uji paired t-test dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 54.1875 dengan 28 siswa tidak lolos KKM dan 4 siswa lolos KKM menjadi 77.9688 dengan 6 siswa tidak lolos KKM dan 26 siswa lolos KKM. Dari hasil perhitungan N-Gain, peningkatan tersebut termasuk kedalam kategori tinggi dengan nilai 1.0794 sehingga memenuhi aspek keefektifan. Pada aspek validitas, LKS komik sejarah yang dikembangkan dinyatakan valid dengan perolehan nilai 82.33% untuk validasi ahli komik dan 89.65% untuk validasi materi. Pada aspek kepraktisan diperoleh lebih dari sebagian siswa memberikan respon positif terhadap LKS yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS komik sejarah yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pythagoras.
Kata Kunci: LKS komik sejarah, hasil belajar.
In a study found that the higher the interest and motivation of students towards learning, the higher the learning outcomes that can be achieved by students. In order students to be able to enjoy the learning process, a fun learning is needed to please students. Based on the results of student responses, more than a few students like comic reading literature with various images and information presented in it. Thus, the researcher took the initiative to present the mathematical concepts in the form of comic worksheet that students could do with additional elements of mathematical history.
The purpose of this research is to produce worksheet based on educational comics of mathematics history on Pythagoras material that can improve student mathematics learning outcomes based on three aspects; valid, practical, and effective aspect. The research used development research method that follows the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Historical comic worksheet are developed manually and digitally by using Sai Paint Tools and Corel Draw applications. In collecting and processing student learning outcomes data, researchers used a pretest-posttest method, paired t-test, and N-Gain analysis techniques.
The results showed an increase in student learning outcomes from an average of 54.1875 with 28 students failed and 4 students succeeded become 77.9688 with 6 students failed and 26 students succeeded. From the results of the N-Gain calculation, the increase is included in the high category with a value of 1.0794 so that it meets the effectiveness aspect. On the aspect of validity, the historical comic worksheet was declared valid with the acquisition of 82.33% for comic expert validation and 89.65% for material validation. In terms of practicality, more than half of the students gave positive responses to the worksheet given. Thus, it can be concluded that historical comic worksheet that have been developed can be used to improve student learning outcomes in Pythagoras concept.
Keywords: Historical comic worksheet, learning outcomes.