Pengaruh Media Google Podcast Terhadap Literasi Sejarah Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Waru
The Effect of Google Podcast Media on Historical Literacy of 10th Grade Social Studies Students at SMA Negeri 1 Waru
Google Podcast merupakan salah satu Media Edukatif yang sangat Efisien berupa Audio tanpa Visual. Melalui Google Podcast Masyarakat terutama para siswa tidak akan merasa malas untuk menerima sebuah informasi dan pengetahuan, dikarenakan melalui Google Podcast siswa hanya perlu mendengarkan audio dan dapat mendengarkan Podcast tersebut sepanjang masa. Keunggulan dapat menjadikan peserta didik memiliki kemampuan Literasi Sejarah yang memumpuni.Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh Google Podcast terhadap Kemampuan Literasi Sejarah peserta didik. Penelitian ini merupakan Pre-Experimen dengan menggunakan pendekatakan penelitian Kuantitatif, desain penelitian menggunakan Shoot Case Study. Teknik Sampel yang digunakan adalah Proportionate Cluster sample. Analisa data di dalam penelitian ini menggunakan Teknik One Sample T Test. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang positif yang ditimbulkan Google Podcast terhadap Literasi Sejarah peserta didik, hal ini dibuktikan dengan Uji Normalitas data Menggunakan Shapiro-Wilk menghasilkan Sig.(2 Tailed) 0,120 > nilai α=0,05, dari perolehan tersebut menunjukkan bahwa data telah berdistribusi Normal. Uji One Sample T Test menghasilkan nila sebesar 11,348 > nilai sebesar 1,666 dengan perolehan Sig.(2 Tailed) sebesar 0,000 < nilai α=0,05. . perolehan hasil tersebut mengintepretasikan bahwa Ha telah diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil Uji One Sample T Test bahwa Nilai Rata-rata yang diperoleh siswa dari hasil Infografis tidak memiliki kesamaan dengan nilai 80, sehingga terdapat pengaruh yang positif serta signifikan antara Media Pembelajaran berbasis Google Podcast dan Literasi Sejarah siswa melalui Uji Infografis siswa, sehingga media pembelajaran dengan berbasis Google Podcast dapat meningkatkan kemampuan siswa didalam Literasi Sejarah.dapat ditarik kesimpulan bahwa “ Terdapat Pengaruh Antara Media Google Podcast Terdahap Literasi Sejarah Peserta didik Kelas X IPS SMA NEGERI 1 WARU ” atau dapat ditarik kesimpulan hipotesis statistik Ha: ρ ≠0 ( Terdapat Hubungan ) , Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata Kunci : Peserta Didik, Kemampuan, Media Pembelajaran, Literasi
Google Podcasts is one of the most efficient educational media in the form of audio without visuals. Through Google Podcasts, the community, especially students, will not feel lazy to receive information and knowledge, because through Google Podcasts students only need to listen to audio and can listen to the Podcast all the time. Excellence can make students have good historical literacy skills. The purpose of this study is to prove the effect of Google Podcast on students' historical literacy skills. This research is a pre-experiment using a quantitative research approach, the research design using a Shoot Case Study. The sample technique used is the Proportionate Cluster sample. Analysis of the data in this study using the One Sample T Test technique. The result of this research is that there is a positive influence that Google Podcast has on students' historical literacy, this is evidenced by the normality test of data using Shapiro-Wilk resulting in Sig.(2 Tailed) 0.190 > value =0.05, the results show that the data has been normally distributed. The One Sample T Test resulted in a TCount value of 11.348 > a Ttable value of 1.666 with the acquisition of Sig.(2 Tailed) of 0.000 < value of =0.05. . The acquisition of these results interprets that Ha has been accepted and H0 is rejected. The conclusion from the results of the One Sample T Test is that the average value obtained by students from the infographic results does not have the same value as 80, so there is a positive and significant influence between the Google Podcast-based Learning Media and students' historical literacy through the student infographic test, so that the media Google Podcast-based learning can improve students' ability in Historical Literacy. It can be concluded that "There is an Influence Between Google Podcast Media on Historical Literacy for Class X Social Sciences SMA NEGERI 1 WARU" or it can be concluded that the statistical hypothesis Ha: 0 (There are Relationship ), Ha is accepted and H0 is rejected.
Keywords: Students, Ability, Learning Media, Literacy