Iklan merupakan sebuah media di tempat umum yang ditujukan untuk mempromosikan suatu produk, jasa, dan sebagainya, salah satunya adalah iklan shampo. Iklan Shampo untuk wanita selalu menampilkan kelebihan dari produk itu untuk pembeli. Penelitian ini mengungkap standard kecantikan di iklan shampo melalui visual dan linguistik elemen dan menemukan perbedaan dari setiap produk dalam menampilkan standard kecantikan. Penelitian ini menggunakan empat brand yang berbeda dan diambil dari majalah Cosmopolitan dari tahun 2016 sampai 2018. Brand - brand tersebut adalah Love, Beauty and Planet, Loreal Extraordinary Oil, Treseme dan Garnier Fructis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Multimodal dengan menggunakan dua mode, yaitu visual dan linguistik. Penelitian ini menggunakan Generic Structure Potential dari Cheong (2004) untuk mengelompokkan linguistik dan visual elemen, lalu menggunakan Visual Grammar dari Kress dan Leeuwen (2006) untuk menganalisis visual elemen dan menggunakan metafungsi dari Halliday (1978) untuk menganalisis linguistik elemen. Penelitian ini juga menggunakan SF-MDA (Systemic Functional - Multimodal Discourse Analysis) dari O'Halloran (2008) untuk menemukan Interplay dari visual dan linguistik elemen untuk mengungkap standard kecantikan di masyarakat melalui iklan shampo. Penelitian ini menunjukan bahwa semua iklan shampo yang digunakan pada penelitian ini memiliki cara yang berbeda untuk mengungkap standar kecantikan yang ada di masyarakat melalui visual dan linguistik elemen.
Advertisement is a media in a public space to promote the product, service, etc., including shampoo advertisement. Shampoo advertisements, especially for women, always show the advantages that the product gives to the customer. This study construed beauty standards in shampoo advertisements through the visual and linguistic elements and found the differences in how they construe the beauty standard. This study used four different brands taken from Cosmopolitan magazine from 2016 to 2018. The brands are Love, Beauty and Planet, Loreal Extraordinary Oil, Treseme and Garnier Fructis. This study used the Multimodality approach using two modes, visual and linguistic elements. This study used Generic Structure Potential by Cheong (2004) to divide the linguistic and visual elements, then uses Kress and Leeuwen's visual grammar to analyze the visual element (2006) and uses Halliday's metafunction to analyze the linguistic element (1978). Then this study analyzes the interplay of the visual and linguistic elements to construe beauty standards in society using O'Halloran SF-MDA (2008). The study show that all of the shampoo advertisement has different ways to construe beauty standard in society through the visual and linguistic elements.