PROFIL LITERASI KUANTITATIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
PROFILE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' QUANTITATIVE LITERACY IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEMS VIEWED FROM LEARNING STYLES
Ningsih, Sely Purwanti, 2022. Profil Literasi Kuantitatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. I Ketut Budayasa, Ph. D. dan (II) Dr. Siti Khabibah, M.Pd.
Kata-kata Kunci: profil literasi Kuantitatif, siswa SMP, masalah Matematika, pemecahan masalah, gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi kuantitatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali.
Pada penelitian berpendekatan kualitatif ini, peneliti bertindak sebagai instrumen utama, didukung oleh angket gaya belajar, dan tes Pemecahan Masalah (TPM), dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah satu siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik yang memiliki kemampuan matematika yang setara yaitu sedang cenderung tinggi dan memiliki jenis kelamin yang sama di SMPN 12 Gresik. Untuk analisis data dilakukan dengan kategori data, reduksi data, penyajian data, penafsiran, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) literasi kuantitatif siswa SMP yang memiiki gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika: melakukan interpretasi dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah dengan memikirkan cara penyelesaian dan menjelaskan informasi yang ada. Melaksanakan representasi dengan membuat dan menjelaskan tabel distribusi frekuensi. Melaksanakan kalkulasi dan memeriksa kembali perhitungan yang dilakukan. Melakukan analisis bahwa siswa yakin bahwa informasi yang ada berguna untuk menyelesaikan soal. Melaksanakan asumsi dan komunikasi untuk menjelaskan proses yang digunakan dalam memecahkan masalah.(2) literasi kuantitatif siswa SMP yang memiliki gaya belajar auditori dalam memecahkan masalah matematika: melakukan interpretasi dengan membaca dan memahami diagram untuk memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah. Melakukan representasi dengan memeriksa tabel distribusi frekuensi. Subjek melakukan kalkulasi dalam merencanakan, melaksanakan, dan memeriksa kembali pemecahn masalah dengan menjelaskan operasi hitung serta cara menghitung. Subjek melakukan analisis bahwa yakin mengenai hasil pemecahan yang dikerjakan. Subjek melakukan asumsi dan komunikasi dalam memecahkan masalah (3) literasi kuantitatif siswa SMP yang memiliki gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika: melakukan interpretasi dengan membaca grafik dan pertanyaan pada soal untuk memahami dan merencanakan pemecahan masalah, melakukan representasi, kalkulasi analisis, asumsi, dan komunikasi dengan menjelaskan etiap cara yang digunakan dalam memecahkan masalah.
Ningsih, Sely Purwanti. 2022. Quantitative Literacy Profile of Junior High School Students in Solving Mathematical Problems in terms of Learning Style. Thesis, Mathematics Education Study Program. Surabaya State University Postgraduate Program. Supervisor: (1) Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D. and (2) Dr. Siti Khabibah, M.Pd.
Keywords: quantitative literacy profile, junior high school students, mathematics problems, problem solving, visual learning styles, auditory learning styles, kinesthetic learning styles.
This study aims to describe the quantitative literacy profile of junior high school students in solving mathematical problems in terms of visual, auditory, and kinesthetic learning styles at the stage of understanding the problem, planning problem solving, implementing problem solving plans, and re-examining.
In this qualitative approach, the research acts as the main instrument, supported by a learning style questionnaire, Problem Solving Test (TPM), and interview guidelines. The research subjects were one student with a visual learning style, 1 student with an auditory learning style, and 1 student with a kinesthetic learning style who had the same mathematical ability, which was moderately high and had the same gender at SMPN 12 Gresik. The data analysis is carried out by data categories, data reduction, data presentation, interpretation, and drawing conclusions.
The results showed (1) the quantitative literacy of junior high school students who have a visual learning style in solving math problems: has all aspects of indicators in quantitative literacy and students can explain in more detail in the calculation aspect, (2) quantitative literacy of junior high school students who has an auditory learning style in solve math problems: have all aspects of indicators in quantitative literacy and students can explain in more detail in communication aspects, (3) quantitative literacy for junior high school students who have a kinesthetic learning style in solving math problems: have all aspects of indicators on quantitative literacy and students are superior in representational aspect.