PENGARUH E-WOM DAN HARGA TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA GUNUNG SEMERU
EFFECT OF E-WOM AND PRICE ON REVISIT INTENTION AT SEMERU MOUNTAIN
Konsumen selalu menggunakan media sosial Instagram untuk mencari informasi dan mempertimbangkan harga sebelum mengunjungi suatu tempat wisata. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan harga terhadap keleluasaan untuk kembali ke Gunung Semeru. Survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel sebanyak 110 pengunjung Gunung Semeru. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner online sebagai sumber data dengan pengukuran skala likert. Analisis linier berganda digunakan sebagai uji analitik, meliputi uji T, uji F, dan juga koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth (E-WOM) berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali. Sedangkan harga juga berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali. Electronic word of mouth (E-WOM) dan harga berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali.
Consumers always use Instagram social media to find information and consider prices before visiting a tourist spot. This analysis aims to determine the effect of electronic word of mouth and price on the discretion to return to Mount Semeru. The survey used in this research is quantitative using the purposive sampling technique to determine a sample of 110 visitors to Mount Semeru. This study uses primary data in the form of an online questionnaire as a data source with a Likert scale measurement. Multiple linear analysis was used as an analytical test, including the T-test, F-test, and also coefficient of determination. This study results that electronic word of mouth (E-WOM) has a positive effect on the intention to visit again. While the price also has a positive effect on the intention to visit again. Electronic word of mouth (E-WOM) and the price has a positive effect on revisit intentions.