Perbedaan Pengetahuan Metakognisi Peserta Didik SMA Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI)
Kode Dokumen :
Penulis Utama :
NISA REZKYKA
NIM Penulis Utama:
16071315001
Tahun :
2020
Judul ID :
Perbedaan Pengetahuan Metakognisi Peserta Didik SMA Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI)
Judul EN :
Metacognitive Knowledge Difference of Grade XI Senior High School Students of Social Science Program in Geography Observed Through Field Dependent (FD) and Field Independent (FI) Cognitive Styles
Sumber :
UNESA -
Fakultas Pascasarjana -
Jurusan S2 Pendidikan Geografi -
16071315001 -
2020
Jenis Dokumen :
Tesis
Abstrak ID :
Kata Kunci :
pengetahuan metakognisi, gaya kognitif, field
dependent , dan field independent Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan metakognisi
peserta didik SMA kelas XI IPS yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dan field
independent (FI) pada mata pelajaran geografi tentang materi dinamika
kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan serta mendeskripsikan
perbedaan hasil belajar (nilai raport semester ganjil tahun pelajaran
2018/2019) peserta didik SMA kelas XI IPS yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dan field
independent (FI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan subyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1
Wonoayu yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 74 orang. Sedangkan untuk
sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling yang didasarkan pada kategori hasil tes. Teknik pengumpulan data
menggunakan soal tes yang diberikan dalam bentuk soal uraian dan soal gambar
yang terbagi dalam tiga macam, diantaranya; 1) tes kemampuan awal geografi yang
disusun berdasarkan ranah kognitif siswa sesuai taksonomi Bloom mulai dari kognitif C1 (mengingat) sampai C5 (menganalisis),
2) tes GEFT (Group Embedded Figure Test )
berisi soal-soal bergambar berjumlah 18 bentuk soal, dimaksudkan untuk membagi
peserta didik dalam gaya kognitif field
dependent atau field independent ,
dan 3) tes pengetahuan metakognisi yang disusun berdasarkan indikator
pengetahuan metakognisi.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan metakognisi antara
peserta didik dengan gaya kognitif field
dependent dan field independent yang
dibuktikan menggunakan pengujian statistik menggunakan uji T-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed)
sebesar 0,000. Dilain pihak tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara
peserta didik dengan gaya kognitif field
dependent dan field independent
yang dibuktikan menggunakan pengujian statistik menggunakan uji T-test dengan taraf signifikansi 5%
diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,082.
Abstrak EN :
Keywords : metacognitive knowledge,
cognitive style, field dependent, and field independent The aim
of this research is to know the metacognitive
knowledge difference of grade XI senior high school students of social science
program who have field dependent (FD) and field independent (FI) cognitive
styles in geography dealing with demography dynamics in Indonesia on behalf of
the development planning. In addition, this research is also aimed at
describing the learning achievement difference (based on the scores in the
report book of the odd semester in 2018/2019 academic year) of the grade XI
senior high school students of social science program who have field dependent
(FD) and field independent (FI) cognitive styles. This is a quantitative research whose subjects were
all grade XI senior high school students of social science program in SMAN 1
Wonoayu consisting of two classes with the total number of 74 students. Meanwhile,
the samples were chosen through purposive sampling technique according to the
category of the test result. The data were collected using a test given in the
form of essays and pictures, which were divided into three types, including: 1)
pre-test of geography that was constructed based on students’ cognitive aspect
as stated in Bloom’s taxonomy starting from C1 (remembering) up to C5
(analyzing), 2) GEFT (Group Embedded
Figure Test ) that consists of 18 questions with pictures which aimed at
categorizing students into field dependent or field independent cognitive
styles, and 3) cognitive knowledge test that was constructed based on the
indicators of metacognitive knowledge.
The
research findings show that there was a metacognitive knowledge difference between
the students with field dependent and field independent cognitive styles, which
were proven through statistical test using T-test with 5% level of significance
obtaining Sig. (2-tailed) value of 0,000. Meanwhile, there was no difference in
terms of the learning achievement between the students with field dependent
cognitive style and the ones with field independent cognitive style, which were
proven through statistical test using T-test with 5% level of significance
obtaining Sig. (2-tailed) value of 0,082.