Strategi-strategi Mendengarkan Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Mahasiswa Pelayaran
Listening Strategies to Foster Marine Students’ Listening Competence
ABSTRAK
Puspitasari, Diyan Anita. 2020. “Strategi-Strategi Mendengarkan Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Mahasiswa Pelayaran”.Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Slamet Setiawan, Ph.D dan (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Kata Kunci: Strategi mendengarkan, strategi metakognitif, strategi kognitif, strategi sosioafektif
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi mendengarkan yang digunakan oleh dosen untuk membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan mahasiswa pelayaran, untuk mengetahui alasan kenapa beberapa strategi listening digunakan oleh dosen, dan untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang peran strategi-strategi mendengarkan yang digunakan oleh dosen ketika mengajar di kelas.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Dengan meneliti strategi-strategi mendengarkan yang digunakan oleh dosen untuk membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan mahaiswa pelayaran. Data penelitian ini adala aktivitas kegiatan belajar mengajar mendengarkan di kelas. Melalui observasi, wawancara, dan kuesioner terbuka data untuk penelitian ini di dapatkan. Seorang dosen dan 20 mahasiswa pelayaran sebagai partisipan dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) strategi-strategi mendengarkan digunakan oleh dosen untuk membantu meningkatakan kemampuan mendengarkan mahasiswa pelayaran. Ada 2 tipe strategi metakognitif, 5 strategi kognitif, dan 2 strategi sosioafektif. (2) Dosen mengungkapkan ada 5 alasan yang mempengaruhinya menggunakan strategi-strategi mendengarkan tersebut, dan (3) mahasiswa pelayaran merasa bahwa peran strategi-strategi mendengarkan yang digunakan oleh dosen adalah positif daripada negatif.
Kesimpulannya, dosen menerapkan strategi-strategi menyimak dengan lancar. Hal ini membuktikan bahwa para mahasiswa merasa peran strategi mendengarkan berdampak positif daripada negatif untuk belajar mereka.
ABSTRACT
Puspitasari, Diyan Anita. 2020. Listening Strategies to Foster Marine Students’ Listening Competence. Unpublished thesis, the Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program of State University of Surabaya. First advisor: (I) Slamet Setiawan, Ph.D and second advisor (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Keywords: Listening strategies, metacognitive strategies, cognitive strategies, socioaffective strategies
This research aims to describe listening strategies used by the lecturer to foster the marine students’ listening competence, to know the reasons of the lecturer used certain listening strategies, and to know the marin students’ opinion when the listening strategies used by the lecturer in the classroom.
This research uses qualitative research design. By investigating the strategies of listening used by the lecturer to foster the students’ competence of listening. The data were the teaching and learning activities in listening classroom. Through observation, interview, and open-ended questionnaire the data of this research have been collected. A lecturer and 20 marine students were the participants for this reseach.
The results of this study are (1) the listening strategies are used by the lecturer to foster the marine students’ competence of listening during the teaching and learning of listening in the classroom. There are 2 types of metacognitive strategies, 5 types of cognitive strategies, and 2 types of socioaffective strategies. (2) The lecturer delivered 5 reasons that influence the use of listening strategies while teaching listening, and (3) the marine students perceived the roles of listening strategies that used by the leccturer are more positive rather that negative.
In conclusion, the lecturer has implemented listening strategies to foster the marine students magnificently. It is evidenced that students have more positive perception rather than a negative for the listening strategies.