Brian Ricard Wola. 2020. Pengembangan Four-Tier Multiple-Choice Test
Untuk Mengidentifikasi Profil Konsepsi Siswa SMA Pada Submateri Struktur Dan
Fungsi Sel Dan Transpor Melalui Membran . Tesis, Program Studi Pendidikan
Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr.
Muslimin Ibrahim, M.Pd. dan (II) Dr. Tarzan Purnomo, M.Si.
Kata-kata
kunci :
tes diagnostik, four-tier multiple-choice
test, profil konsepsi, sel.
Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berupa four-tier multiple-choice test yang valid dan reliabel untuk
mengidentifikasi profil konsepsi siswa SMA pada submateri struktur dan fungsi sel
dan transpor melalui membran. Tes diagnostik berupa four-tier multiple-choice test merupakan soal
pilihan ganda empat tingkat yang terdiri atas pertanyaan konsep (tingkat
pertama), tingkat keyakinan memilih jawaban (tingkat kedua), alasan memilih
jawaban (tingkat ketiga), dan tingkat keyakinan memilih alasan (tingkat
keempat). Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Subjek
penelitian ini adalah tes pilihan ganda empat tingkat (four-tier multiple-choice test) dengan 90
siswa kelas XI IPA dari tiga SMA negeri di Kabupaten Minahasa Tenggara sebagai sampel
penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, teknik tes, dan teknik
wawancara. Modus kategori validitas dari hasil validasi oleh ahli menunjukkan
bahwa four-tier multiple-choice test yang dikembangkan sangat valid baik dari aspek materi, konstruksi, maupun
bahasa . Koefisien reliabilitas
yang diperoleh sebesar 0,84 termasuk kategori sangat reliabel. Hasil
identifikasi profil konsepsi siswa menujukkan paham konsep sebesar 16,22%,
tidak paham konsep sebesar 37,41%, dan miskonsepsi sebesar 46,35%. Berdasarkan hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa four-tier
multiple-choice test yang dikembangkan memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas untuk mengidentifikasi profil konsepsi siswa SMA pada submateri struktur
dan fungsi sel dan transpor melalui membran.