PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI TEKNOLOGI DALAM RITEL PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XII DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk E-Modul pada materi teknologi dalam ritel mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel dan mengetahui kelayakan dari media E-Modul dalam mengatasi masalah hasil belajar yang masih dibawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang telah ditetapkan. Model pengembangan penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian kelas XII SMK Negeri 1 Jombang. Data dikumpulkan dengan menggunakan Teknik angket yang diberikan kepada ahli materi guru produktif jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang, ahli media dosen jurusan kurikulum dan teknologi Pendidikan, berupa instrumen angket kemudian data dianalisis dengan menggunakan skala Guttman untuk mengukur persentase interumen angket. Hasil analisis validasi ahli materi mendapat persentase sebesar 100% “sangat baik” dan ahli media mendapat persentase sebesar 100% “sangat baik”, E-modul yang dikembangkan oleh peneliti memiliki beberapa kelebihan diantaranya dikemas dalam bentuk elektronik melalui smartphone dalam format .apk, Pendistribusian media ini melalui Google Drive, materi yang ditampillkan dalam E-Modul dapat diakses dimana saja dan kapan saja, E-modul ini menyediakan pertanyaan-pertanyaan dan dialog yang melibatkan user untuk menjawabnya.
Kata kunci: E-Modul, ADDIE, Teknologi Dalam Ritel
Abstract
The purpose of this development research is to produce an E-Module product on technology material in retail in retail business management subjects and to find out the feasibility of the E-Module media in overcoming the problem of learning outcomes that are still under the specified Minimum Learning Comprehension (KBM). This research development model is the ADDIE development model with the research subjects of class XII SMK Negeri 1 Jombang. Data were collected using a questionnaire technique given to productive teacher material experts majoring in Online Business and Marketing at SMK Negeri 1 Jombang, media expert lecturers majoring in curriculum and educational technology, in the form of a questionnaire instrument then data were analyzed using the Guttman scale to measure the percentage of questionnaire instruments. The results of the material expert validation analysis get a percentage of 100% "very good" and media experts get a percentage of 100% "very good", the E-module developed by the researcher has several advantages including being packaged in electronic form via smartphone in .apk format, distribution. This media through Google Drive, the material displayed in the E-Module can be accessed anywhere and anytime, this E-module provides questions and dialogues that involve the user to answer them.
Keywords: E-Module, ADDIE, Technology in Retail