HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MAN 1 PONOROGO KELAS X
RELATIONSHIP OF PHYSICAL FITNESS WITH ACADEMIC ACHIEVEMENT OF STUDENTS MAN 1 PONOROGO CLASS X
Kebugaran jasmani yaitu perwujudan hasil dari fungsi sistem tubuh yang mengalami peningkatan kualitas kehidupan dalam setiap aspek aktivitas sehari hari, kondisi kebugaran disini menjadi potensi yang sangat berpengaruh dalam menjaga performa aktivitas sehari hari dengan tidak lelah setelah melakukan kegiatan rutin dalam sehari, keadaan kebugaran yang dimaksud di sini adalah keadaan siswa ketika berpartisipasi dalam kegiatan kelas di sekolah pembelajaran praktis dan teoretis. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dengan prestasi akademik siswa MAN 1 Ponorogo kelas X. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif metode korelasional dengan menggunakan statistik dua variabel, yaitu : Kebugaran jasmani dan prestasi akademik. Populasi dalam penelitian ini siswa MAN 1 Ponorogo kelas X yang berjumlah 267 siswa ( 105 putra dan 162 putri). Sampel menggunakan teknik simple random sampling terdiri dari 27 siswa (8 putra dan 19 putri). Dari hasil penelitian korelasi dari hubungan kebugaran jasmani dengan prestasi akademik siswa MAN 1 Ponorogo kelas X menghasilkan nilai koefisien korelasi (r) yaitu 0,42 dan menunjukan hubungan kebugaran jasmani dengan prestasi akademik memiliki hubungan ketegori sedang dan sumbangan nilai koefisien determinasi (r2) antara variabel bebas (kebugaran jasmani) terhadap variabel terikat (prestasi akademik) sebesar 18%, menunjukan hubungan antar variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu berkategori kuat sedangkan sisanya 82% dimiliki oleh variabel diluar dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kondisi kebugaran jasmani yang semakin baik juga akan meningkatkan prestasi akademik.
Kata kunci: Kebugaran jasmani, prestasi akademik
Physical fitness is the embodiment of the results of the functioning of the body systems that have improved the quality of life in every aspect of daily activities, the condition of fitness here becomes a potential that is very influential in maintaining the performance of daily activities without getting tired after doing routine activities in a day, the state of fitness referred to here is the state of students when participating in classroom activities at the school of practical and theoretical learning. In this study aims to determine the relationship of physical fitness with academic achievement of students MAN 1 Ponorogo Class X. This research method is a descriptive quantitative correlational method using two statistical variables, namely: physical fitness and academic achievement. The population in this study students Man 1 Ponorogo Class X totaling 267 students (105 sons and 162 daughters). The sample using simple random sampling technique consisted of 27 students (8 sons and 19 daughters). From the results of the correlation study of the relationship of physical fitness with academic achievement of students MAN 1 Ponorogo Class X produces a correlation coefficient value (r) is 0.42 and shows the relationship of physical fitness with academic achievement has a relationship of medium category and contribution coefficient of determination (r2) between the independent variable (physical fitness) to the dependent variable (academic achievement) of 18%, indicating the relationship between the independent variable to the dependent variable is strong while the remaining 82% is owned by variables outside of this study. Based on the results of this study, it can be concluded that the better physical fitness conditions will also improve academic achievement.
Keywords: Physical fitness, academic achievement