ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PLATFORM ZOOM DI MASA PANDEMI COVID – 19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR
ANALYSIS OF MATHEMATICS LEARNING THROUGH ZOOM PLATFORM DURING A PANDEMIC COVID – 19 IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENT
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika berbasis aplikasi zoom serta dampak pembelajaran tersebut yang dialami guru dan siswa di SDIT At – Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan dilakukan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian ini (1) Perencanaan pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring melalui platform zoom di SDIT At – Taqwa Surabaya dengan menggunakan RPP daring berbasis zoom. (2) Proses kegiatan pembelajaran menggunakan video sebelum pembelajaran berlangsung melalui zoom. (3) Adapun inovasi proses pembelajaran daring yang diberikan oleh guru adalah pembelajaran berupa quizziz, pemberian video dan slide power point.
Kata Kunci : Daring, Matematika, Zoom, pandemi covid – 19
This study aims to describe planning in online learning in mathematics subjects based on the zoom application and the impact of the learning experienced by teachers and students at SDIT At - Taqwa Surabaya. This research uses qualitative research with descriptive approach with data analysis using data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation and the validity of the data was carried out using source triangulation, method triangulation and time triangulation to ensure data validity. This research result (1) Mathematics online learning planning is done through zoom at SDIT At - Taqwa Surabaya by using a online lesson plan with platform zoom. (2) The process of learning activities using video before learning takes place via zoom. (3) Other learning process innovations provided by the teacher are learning carried out in quizziz, giving videos and power point slides.
Keywords: Online, Mathematics, Zoom, covid-19 pandemic