Penggunaan Microsoft Teams sebagai Platform Online di Kelas Bahasa Inggris selama Pandemi: Persepsi Siswa
The Use of Microsoft Teams as an Online Platform in EFL Classroom during The Pandemic: Students' Perception
Di masa pandemi COVID-19, Indonesia saat ini menerapkan kebijakan baru yaitu kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau bisa kita sebut dengan belajar dari rumah atau online learning. Semua lembaga pendidikan mewajibkan guru dan siswa untuk menggunakan beberapa platform online untuk melanjutkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Microsoft Teams sebagai platform online di masa pandemi. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian explanatory-sequence. Penelitian ini melibatkan 18 siswa SMP kelas 8 dari SMP Negeri 35 Surabaya. 18 item kuesioner telah dibagikan. Temuan mengungkapkan bahwa mayoritas siswa yang terlibat dalam penelitian ini memiliki perspektif yang baik dalam menggunakan Microsoft Teams sebagai platform online karena kemudahan penggunaan Microsoft Teams, para siswa merasa bahwa fitur Microsoft Teams cukup berguna bagi mereka. sebagai mahasiswa, namun meskipun sebagian besar dari mereka senang menggunakan Microsoft Teams, mereka lebih memilih untuk melakukan pembelajaran klasikal yang dikenal dengan pembelajaran tradisional.
During the COVID-19 pandemic, Indonesia currently implementing a new policy that is teaching and learning activities from a distance or we can call it learning from home or online learning. All education institutions required the teacher and the students to use some online platforms to continue the learning process. The research aimed to find out the students’ perception of the use of Microsoft Teams as an online platform during the pandemic. This research was categorized as an explanatory-sequence approach. This study involved 18 Junior High School students in grade 8th from State Junior High School 35 of Surabaya. 18 items of questionnaires have been distributed. The findings revealed that the majority of the students involved in this study have a good perspective on using Microsoft Teams as an online platform because of the ease of the use of Microsoft Teams, the students feel that the features of Microsoft Teams are quite useful for them as the students, but even though most of them enjoy using Microsoft Teams, they prefer to choose to do classical learning which can be known as traditional learning.