PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK BELAJAR ANAK TUNARUNGU
USE OF INTERACTIVE MULTIMEDIA FOR LEARNING DEAF CHILDREN
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan multimedia interaktif untuk belajar di bidang akademik anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur dengan telaah kepustakaan pada jurnal nasional, jurnal internasional, maupun e-book secara online yang berkaitan dengan penelitian. Literatur dengan sumber data 15 jurnal dari pencarian data sekunder yang dilakukan menggunakan database sebagai berikut: Google Schoolar, Science and Technology Index (SINTA), Science Direct, Scopus dan Scientific Electronic Library Online (SciELO). Teknik analisis data diperoleh dari kajian literatur yang disusun sebagai acuan analisis dalam indikator penelitian. Hasil kajian data diperoleh penggunaan multimedia interaktif tersebut membantu siswa mendapat informasi dalam pembelajaran yang semula sebatas teori dikaitkan dengan kehidupan nyata yang terdapat pada fasilitas belajar berupa bantuan gambar, animasi, maupun realitas virtual (video). Pembelajaran anak tunarungu lebih bermakna, dan menambah kosakata bahasa isyarat anak tunarungu dengan bantuan visual pada aplikasi di dalam android yang mudah dibawa kemana saja. Penggunaan multimedia interaktif berpotensi mendorong keterampilan komunikasi anak tunarungu,. Simpulan penelitian kajian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbentuk video akademik untuk belajar anak tunarungu.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Belajar, Tunarungu
The purpose of this study was to examine the use of interactive multimedia for learning in the academic field of deaf children. The method used in this study uses a literature study by reviewing literature in national journals, international journals, and online e-books related to research. Literature with data sources 15 journals from secondary data searches conducted using the following databases: Google Schoolar, Science and Technology Index (SINTA), Science Direct, Scopus and Scientific Electronic Library Online (SciELO). The data analysis technique was obtained from a literature review which was compiled as a reference for analysis in research indicators. The results of the study of data obtained that the use of interactive multimedia helped students get information in learning which was originally limited to theory associated with real life contained in learning facilities in the form of pictures, animations, and virtual reality (video) assistance. The learning of deaf children is more meaningful, and increases the sign language vocabulary of deaf children with visual assistance in applications on Android that are easy to carry anywhere. The use of interactive multimedia has the potential to encourage the communication skills of deaf children. The conclusion of this study shows that the use of interactive multimedia in the form of academic videos for learning deaf children.
Keywords: Interactive Multimedia, Learning, Deaf