SIMULASI LAJU ALIRAN FLUIDA PROTOTYPE INTAKE MANIFOLD ENGINE YANMAR L48N6 MENGGUNAKAN SOFTWARE
SIMULATION OF YANMAR L48N6 INTAKE MANIFOLD ENGINE PROTOTYPE FLUID FLOW RATE USING SOFTWARE
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan ajang kegiatan mobil hemat energi untuk inovasi efisiensi energi dan ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristek dan perguruan tinggi. Tim yang berpartisipasi dalam kegiatan ini salah satunya adalah Tim Garnesa Racing Team. Pencapaian yang telah diraih dalam beberapa kegiatan yaitu pencapaian konsumsi bahan bakar sebesar 165,25 km/l, 135 km/l, dan 112 km/l. Hal ini menjadi salah satu masalah yang perlu dicarikan solusinya. Namun, tantangan muncul ketika dilakukan pengecekan melalui perangkat lunak dan pengalaman praktis, menyatakan bahwa penyebab utama penurunan pencapaian terletak pada kinerja intake manifold yang kurang optimal, yang telah diidentifikasi melalui simulasi aliran fluida. Dalam rangka modifikasi pembuatan intake manifold harus mengetahui variabelvariabel dalam laju aliran fluida. Fokus utama dalam penelitian ini adalah jenis dimensi intake manifold dan faktor aliran seperti tekanan (pressure) dan kecepatan udara (velocity) dianggap konstan. Metode penelitian yang akan digunakan adalah simulasi menggunakan software. Setelah itu analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan hasil perhitungan yang diperoleh x akan disajikan dalam bentuk gambar dan grafik. Berdasarkan simulasi laju aliran fluida menggunakan software ansys dengan parameter yang digunakan model turbulensi K-epsilon Reliaezable, Bahan yang digunakan yaitu Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf) dengan densitas 1450 kg/m3, densitas udara yang digunakan sebesar 1.225 kg/m3, dan kecepatan awal (velocity) sebesar 0,137 m/s. Berdasarkan hasil simulasi laju aliran fluida pada intake manifold original, variasi panjang 5 cm, 8 cm, 10 cm. Didapat intake manifold modifikasi dengan variasi panjang 8 cm memiliki kinerja lebih baik dibandingkan intake manifold modifikasi lainnya dengan tekanan dan kecepatan didapat sebesar 2,195 × 10−1 pa dan 6,088 ×10−1 m/s. Hal ini dapat dijadikan referensi utama dalam pembuatan prototipe intake manifold.
Kata Kunci: Intake Manifold, Pressure, Velocity.
The Energy Efficient Car Contest (KMHE) is an event for energy efficient car activities for energy efficiency and environmentally friendly innovations organized by the Ministry of Education and Research and Technology's National Puspresnas and universities. One of the teams participating in this activity is the Garnesa Racing Team. Achievements that have been achieved in several activities include achieving fuel consumption of 165.25 km/l, 135 km/l and 112 km/l. This is a problem that needs to be found a solution. However, challenges emerged when checking through software and practical experience, suggesting that the main cause of reduced performance lies in sub-optimal intake manifold performance, which has been identified through fluid flow simulations. In order to modify the intake manifold, you must know the variables in the fluid flow rate. The main focus in this research is the type of intake manifold dimensions and flow factors such as pressure and air velocity which are considered constant. The research method that will be used is simulation using software. After that, data analysis uses quantitative data analysis with the calculation results obtained being presented in the form of images and graphs. Based on fluid flow rate xii simulations using Ansys software with parameters used by the Reliable K-epsilon turbulence model, the material used is Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf) with a density of 1450 kg/m3, the air density used is 1,225 kg/m3, and the speed initial (velocity) of 0.137 m/s. Based on the simulation results of the fluid flow rate on the original intake manifold, the length variations are 5 cm, 8 cm, 10 cm. It was found that the modified intake manifold with a length variation of 8 cm had better performance than other modified intake manifolds with pressure and speed obtained at 2.195 × 10−1 pa and 6.088 × 10−1 m/s. This can be used as the main reference in making an intake manifold prototype.
Keywords: Intake Manifold, Pressure, Velocity.