Kata-kata Kunci: Pemahaman Relasional, Masalah Matematika, Kecerdasan Emosional.
Pemahaman relasional merupakan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki dan menghubungkannya dengan pengetahuan baru dalam memecahkan masalah matematika yang lebih luas serta kemampuan mengidentifikasi hubungan antar topik yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa SMK berkecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK kelas XI Farmasi SMK Kesehatan Dhermajaya, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Terdapat 2 tes untuk pengambilan data penelitian, yaitu tes kecerdasan emosional (TKE) dan tugas pemecahan masalah (TPM). TKE diadaptasi dari The Assessing emotions scale yang telah dikonsultasikan dengan dua dosen pembimbing kemudian divalidasi oleh dua dosen psikologi dan satu guru bimbingan konseling sekolah. Sedangkan TPM sebelum digunakan, TPM dikonsultasikan kepada kedua dosen pembimbing terlebih dahulu dan divalidasi oleh dua dosen Pendidikan Matematika Unesa dan satu guru Matematika di SMK Kesehatan Dhermajaya dan diuji keterbacaan oleh 3 siswa SMK Kesehatan Dhermajaya kelas XI.
Tes kecerdasan emosional (TKE) diberikan kepada seluruh siswa kelas XI Farmasi. TKE digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional siswa. Analisis dan pengkategorian skala kecerdasan emosional dilakukan pada tes tersebut. Berdasarkan hasil TKE tersebut dipilih 6 siswa berkecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah. sebagai subjek penelitian. Setelah 6 subjek penelitian dipilih, kemudian diberikan TPM dan wawancara berbasis tugas. Wawancara berbasis tugas dilakukan kepada keenam subjek penelitian untuk digali lebih mendalam lagi tentang pemahaman relasional siswa. Hasil TPM dan wawancara digunakan sebagai dasar untuk memperoleh data tentang pemahaman relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman relasional siswa yang berkecerdasan emosional tinggi dalam langkah-langkah pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan mengecek kembali hasil penyelesaian, siswa tersebut dapat mengaitkan konsep-konsep terkait dengan masalah tersebut dengan baik, serta dapat menjelaskan alasan dari setiap langkah tersebut. Sedangkan pemahaman reasional siswa yang berkecerdasan emosional sedang dan rendah, dalam langkah-langkah pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan mengecek kembali hasil penyelesaian, siswa hanya mampu menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal.
Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan kesamaan pemahaman relasional siswa berkecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan bisa memberikan soal-soal yang membutuhkan pengetahuan konsep.
Relational understanding is the ability to apply knowledge and competencies possessed and relate them to new knowledge in solving broader mathematical problems and the ability to identify relationships between different topics. This research is a qualitative research that aims to describe the relational understanding of high, medium, and low emotional high school students in solving mathematical problems. This research was conducted on students of class XI Pharmacy Vocational Pharmacy Health Dhermajaya, Nganjuk Distric, East Java.
There are 2 tests to retrieve research data , namely emotional intelligence tests (TKE) and problem solving tasks (TPM). TKE adapted from The Assessing emotions scale that has consulted with two faculty mentors then validated by two professors of psychology and one teacher guidance counseling school. While the TPM use, TPM consulted to both faculty supervisor first advance and validated by two professors of Education Mathematics Unesa and a teacher of Mathematics in Vocational High School of Health Dhermajaya and in test readability by 3 students of Vocational High School of Health Dhermajaya class XI.
The emotional intelligence test (TKE) is given to all students of class XI Pharmacy. TKE is used to measure students' emotional intelligence. Analysis and categorization of the emotional intelligence scale was carried out on the test. Based on the results of TKE, 6 students were selected with high, medium and low emotional intelligence as subject of research. After 6 subject research have, then given TPM and interview based tasks. Interview based tasks performed to the sixth subject of research for dug more deeply again about relational understanding students. TPM results and interviews are used as a basis for obtaining data about students' relational understanding in solving mathematical problems.
The results showed that the relational understanding of students with high emotional intelligence in the steps of problem solving is understanding the problem, planning a solution, carrying out a plan and checking the results of the settlement, the student can associate concepts related to the problem well, and can explain the reasons from each of these steps. While the reational understanding of students with moderate and low emotional intelligence, in problem solving steps that is understanding the problem, planning a solution, carrying out a plan and re-checking the results of the solution, students are only able to mention what is known and asked in the problem.