(Studi Pada Perusahaan Otomotif yang menerapkan Green Company)
THE EFFECT OF TERMINAL VALUE, INSTRUMENTAL VALUE AND GREEN BRAND POSITIONING ON GREEN PURCHASE INTENTION THROUGH GREEN ATTITUDE AS A MEDIATING VARIABLE
(Study on Automotive Companies that implement Green Company)
PENGARUH TERMINAL VALUE, INSTRUMENTAL VALUE DAN GREEN BRAND POSITIONING PADA GREEN PURCHASE INTENTION MELALUI GREEN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG MELAKUKAN GREEN COMPANY).
Nama : Irsyad Arkan
NIM : 22071295007
Program Studi : S-2 Manajemen
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Institusi : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.
Prof. Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si.
Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goal (TPB/SDGs) saat ini telah memasuki tahun ke- 6. Semenjak ditetapkan pada bulan September 2015, di dalam Sidang Umum PBB yang diikuti oleh 159 Kepala Negara, TPB/SDGs menjadi Agenda Global tahun 2030, yang dilaksanakan oleh seluruh negara di dunia. Penerapan SDGs memerlukan kerjasama yang kuat dan efektif antara pemerintah kabupaten, provinsi dan nasional, serta aktor lain termasuk organisasi masyarakat dan sektor privat. Oleh karena itu pada tahun 2013 Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan kebijakan mengenai mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Program Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan merupakan salah satu bentuk interpretasi konkret Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan SDGs pada poin ke-13. Dengan adanya mobil LCGC diharapkan mampu mengurangi emisi karbon yang memiliki harga terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Riset berikut tujuannya guna memahami dan menganalisis pengaruh terminal value, instrumental value, green brand positioning terhadap green purchase intention menggunakan melalui green attitude. Riset menggunakan jenis studi kuantitatif. Responden dalam riset penelitian ini merupakan calon konsumen mobil LCGC yang belum pernah memiliki mobil dan berusia 25-35 tahun. Data yang diperoleh dari 210 subyek diolah memakai teknik analisis PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terminal value dan instrumental value memiliki pengaruh signifikan terhadap green attitude. Green brand positioning juga berperan penting dalam membentuk green attitude konsumen, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap green purchase intention. Green attitude ditemukan menjadi variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara nilai-nilai pribadi konsumen dan niat mereka untuk membeli produk ramah lingkungan. Temuan ini mendukung penerapan teori Value-Attitude-Behavior (VAB) dalam konteks green marketing. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terminal value, instrumental value dan green brand positioning berguna bagi sebagian besar konsumen yang berniat untuk membeli mobil LCGC melalui sikap peduli ramah lingkungan yang mencerminkan sikap green attitude untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon dan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.
Kata kunci: Terminal Value, Instrumental Value, Green Brand Positioning, Green Attitude, Green Purchase Intention, LCGC.
THE INFLUENCE OF TERMINAL VALUE, INSTRUMENTAL VALUE AND GREEN BRAND POSITIONING ON GREEN PURCHASE INTENTION THROUGH GREEN ATTITUDE AS A MEDIATING VARIABLE (STUDY ON AUTOMOTIVE COMPANIES THAT DO GREEN COMPANY).
Name : Irsyad Arkan
Study Program : S-2 Management
Faculty : Economics and Business
Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.
The implementation of the Sustainable Development Goals (SDGs) has now entered its 6th year. Since its adoption in September 2015, at the UN General Assembly attended by 159 Heads of State, the SDGs have become the Global Agenda for 2030, to be implemented by all countries in the world. The implementation of the SDGs requires strong and effective cooperation between district, provincial and national governments, as well as other actors including community organisations and the private sector. Therefore, in 2013 the Ministry of Industry (MOI) issued a policy on low cost green cars (LCGC) as stipulated in the Regulation of the Minister of Industry No. 33/M-IND/PER/7/2013 on the Development of Energy Efficient and Affordable Four-Wheeled Motor Vehicle Production. The Low Cost Green Car (LCGC) programme is one of the Government of Indonesia's concrete interpretations in realising SDGs on point 13. LCGC cars are expected to reduce carbon emissions at an affordable price for all Indonesians. The following research aims to understand and analyse the effect of terminal value, instrumental value, green brand positioning on green purchase intention using through green attitude. The research uses a quantitative study type. Respondents in this research are potential LCGC car consumers who have never owned a car and are aged 25-35 years. The data obtained from 210 subjects were processed using the PLS-SEM analysis technique. The results showed that terminal value and instrumental value have a significant influence on green attitude. Green brand positioning also plays an important role in shaping consumers' green attitude, which in turn has a positive impact on green purchase intention. Green attitude was found to be a mediating variable that strengthens the relationship between consumers' personal values and their intention to purchase green products. These findings support the application of the Value-Attitude-Behavior (VAB) theory in the context of green marketing. The results of this study prove that terminal value, instrumental value and green brand positioning are useful for most consumers who intend to buy LCGC cars through an environmentally friendly caring attitude that reflects a green attitude to support efforts to reduce carbon emissions and use more efficient fuel.
Keywords: Terminal Value, Instrumental Value, Green Brand Positioning, Green Attitude, Green Purchase Intention, LCGC