Tujuan
penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran pada
materi keterampilan gerak spesifik
dalam permainan sepak bola yang layak
dan efektif pada mata pelajaran pendidikan jasmani,
olahraga, dan kesehatan. Prosedur
pengembangan video pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5
tahapan yakni analyze, design, development, implementation and evaluation.
Subjek
uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Antartika
Sidoarjo. Validasi
produk video pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli
desain pembelajaran. Validasi media dan validasi desain pembelajaran dilakukan
oleh ahli pakar teknologi pendidikan, sedangkan validasi materi dilakukan oleh
guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
Pengembangan
video pembelajaran layak digunankan berdasarkan hasil penilaian validasi ahli
materi sebesar 93,3%, ahli media sebesar 80%, dan ahli desain pembelajaran
sebesar 96,6%. Memperoleh kategori baik dan sangat baik, sehingga media video
dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan
video pembelajaran juga efektif digunakan berdasarkan hasil perhitungan Uji t
sig 0,011 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai
post-test kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen
menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 56,67 dan posttest sebesar 76,67
yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah diberikan
treatment berupa media video pembelajaran.
Kata Kunci: Video Pembelajaran,
Permainan Sepak Bola, ADDIE