Perilaku Adaptasi Sosial Karyawan Kontrak Bank Syariah Indonesia Pasca Merger
Social Adaptation Behavior of Contract Employees of Bank Syariah Indonesia Post Merger
Karyawan kontrak merupakan karyawan yang sedang diperbantukan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rutin sebuah perusahaan atau lembaga, dan tidak memiliki sebuah jaminan atas kelangsungan masa kerjanya. Hal tersebut juga dijelaskan pada Undang-undang No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan Pada pasal 59 ayat 1. Menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu.Pada penelitian ini, wawancara yang akan digunakan adalah wawancara mendalam atau in-depth interview. Wawancara mendalam dilakukan secara terbuka dan fleksibel tanpa terpaku pada struktur yang ketat namun tetap tertata dengan situasi yang tidak formal. Para karyawan beranggapan dengan hadirnya ketidak cocokan diawal merupakan salah satu cara agar bisa saling memahami satu sama lain sesama karyawan atau rekan kerja. Para karyawan dituntut untuk tetap professional dalam melakukan pekerjaan. Mereka bisa membedakan kapan waktunya untuk melakukan pekerjaan dengan personal maupun dengan rekan kerja. Mereka banyak merasakan perubahan yang harus siap mereka terima. Para karyawan pada awalnya menilai kebijakan-kebijakan yang lahir di perusahaan mereka bekerja saat ini. Para karyawan pun melakukan pengembangan sistem yang telah dilahirkan oleh kebijakan baru perusahaan. Para karyawan beranggapan dengan hadirnya ketidak cocokan diawal merupakan salah satu cara agar bisa saling memahami satu sama lain sesama karyawan atau rekan kerja.
Contract employees are employees who are being seconded to complete routine jobs for a company or institution, and do not have a guarantee for the continuity of their working life. This is also explained in Law No. 13 of 2003 concerning employment in article 59 paragraph 1. According to the type and nature or activities of the work, it will be completed within a certain time. In this study, the interviews that will be used are in-depth interviews. In-depth interviews were conducted in an open and flexible manner without being attached to a strict structure but still organized in an informal situation. Employees think that the presence of a discrepancy at the beginning is a way to understand each other among employees or co-workers. Employees are required to remain professional in doing work. They can distinguish when it's time to do work with personal and with colleagues. They feel a lot of changes that they must be ready to accept. Employees initially assess the policies that were born in the company they currently work for. Employees also develop systems that have been born by the company's new policy. Employees think that the presence of a discrepancy at the beginning is a way to understand each other among employees or co-workers.