The Effect Of Trust And Emotional Attachment To Loyalty
(Study at Jamaah Shiddiqiyah in Jombang Regency)
Pondok Pesantren Majāmal Bahrain (Pondok Shiddiqiyah) adalah salah satu pondok yang memiliki afiliasi bisnis pada bidang air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek dagang Maaqo. AMDK ini dikonsumsi oleh Jamaah Shiddiqiyah dan masyarakat sekitar. Namun masih terdapat Jamaah yang tidak mengkonsumsi secara rutin meskipun sudah ada perintah dari Kyai pempimpin jamaah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh kepercayaan dan keterikatan emosional terhadap loyalitas studi pada jamaah shiddiqiyah.
Jenis penelitian menggunakan rancangan riset konklusif deskriptif dengan populasi yang digunakan adalah Jamaah Shiddiqiyah yang berada di Kabupaten Jombang yang berusia 18-57 tahun dan pernah terlibat pross pembelian AMDK Maaqo sekurang-kurangnya 2 kali dalam sebulan terkahir. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 220 responden. Instrumen yang digunakan untuk mendapatakan data mengunakan angket yang kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda.
Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas jamaah dalam membeli dan mengkonsumsi AMDK Maaqo. Kemudian untuk variabel keterikatan emosional tidak berpengaruh terhadap loyalitas dalam membeli dan mengkonsumsi AMDK Maaqo. Kelemahan dari penelitian ini antara lain waktu dalam penyebaran angket kurang tepat karena bersamaan dengan kegiatan pengajian rutin sehingga hasil yang diperoleh kurang menggambarkan keadaan yang sesunggguhnya.
Kata kunci : Kepercayaan, Keterikatan Emosional, Loyalitas, AMDK, Shiddiqiyah
Bahrain Maj'mal Islamic Boarding School (Pondok Shiddiqiyah) is one of the huts that has business affiliations in the field of bottled drinking water (AMDK) with the trademark Maaqo. This AMDK is consumed by Jamaah Shiddiqiyah and the surrounding community. But there are still pilgrims who do not consume regularly even though there is an order from the cleric leader Kyai. This study aims to analyze and discuss the influence of trust and emotional attachment to the study loyalty of shiddiqiyah worshipers.
This type of research uses a descriptive conclusive research design with the population used is the Jamaah Shiddiqiyah who is in Jombang Regency, aged 18-57 years and has been involved in the process of purchasing Maaqo bottled water at least 2 times in the last month. The sample collection technique uses non-probability sampling method with a total sample of 220 respondents. The instrument used to obtain data using a questionnaire which was then analyzed by multiple linear regression.
The results of this study indicate that trust affects the loyalty of pilgrims in buying and consuming Maaqo bottled water. Then for the emotional attachment variable does not affect the loyalty in buying and consuming Maaqo bottled water. Weaknesses of this study include the time in spreading the questionnaire is not appropriate because it coincides with routine recitation activities so that the results obtained do not really reflect the real situation.
Keywords: Trust, Emotional Attachment, Loyalty, AMDK, Shiddiqiyah