PERANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI
STRATEGI PEMBELAJARAN KEBENCANAAN MITIGASI
BANJIR UNTUK ANAK-ANAK PRASEKOLAH
DESIGN OF EDUCATIVE GAME TOOLS AS A LEARNING
STARTEGY FOR FLOOD MITIGATION DISASTER FOR
PRESCHOOL CHILDREN
BPBD Surabaya merupakan institusi pemerintah yang
mempunyai tanggung jawab dalam menangani bencana di kota
Surabaya. Dalam FGD (Focus Group Discussion), salah satu
masalah yang ditemukan ialah pembelajaran pendidikan
kebencanaan mitigasi banjir untuk anak prasekolah.
Tujuan perancangan ini adalah untuk membuat alat permainan
edukatif sebagai strategi pembelajaran kebencanaan bagi anak-
anak prasekolah. Tahapan yang dilalui ialah identifikasi masalah,
pengumpulan data, proses perancangan sampai desain final.
Hasil dari perancangan ini ialah playmat ular tangga yang
edukatif dan kreatif yang diperuntukkan pada anak prasekolah
usia 3-6 tahun.
Alat permainan edukatif yang dirancang terbukti efektif dalam
meningkatkan kesadaran juga sebagai bagian dari upaya
membangun generasi yang lebih siap dan tanggap terhadap
bencana di masa depan.
BPBD Surabaya is a government institution that has
responsibility for handlingdisaster in teh city of Surabaya. In the
FGD (Focus Grup discussion), one of the problem found was
learningflood mitigation disaster education for preschool children.
The aim of the design is an educational game tool as a disaster
learning strategy for preschool children. The stages followed are
problem identification, data collection, design process to final
design.
The result of this design as an educational and creative snake
and ladders playmat intended for preschool children aged 3-6
years.
The educational game tools designed have proven effective in
increasing preschool children’s awaraness to build a generation
that is better prepared and responsive to disaster in the future.