PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
ROLE OF TUTOR IN IMPROVING STUDENTS LEARNING MOTIVATION
ABSTRAK
Pendidikan adalah hak setiap manusia yang bermasyarakat. Namun dalam beberapa kasus, semangat untuk belajar sering diabaikan, terutama dalamlingkungan masyarakat berpenghasilan rendah ataupun masyarakat yang sudah berusia dewasa. Hal ini terjadi karena anggapan mengenai ketidakpantasan untuk mendapatkan pendidikan dengan kondisi latar belakang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Program Paket C di SKB Mojoagung Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang tutor pendamping, dan 3 orang peserta didik/warga belajar. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dengan teknik interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) peran tutor fasilitator efektif menggunakan strategi ARCS yang meliputi perhatian (attention), relevansi (relevance), keyakinan (confidence), dan kepuasan siswa (satisfaction), dan (2) penggunaan teknik apresiatif, baik berupa pujian, maupun saran, yang massif dilakukan oleh tutor Program Paket C di SKB Mojoagung Jombang dengan tidak membiasakan pemberian hukuman kepada peserta didik.
Kata Kunci: peran tutor, program paket C, motivasi belajar.
ABSTRACT
Education is human being privilege in society. However, in some cases, the enthusiasm for learning is often ignored, especially in a low-incomed or mature community. This happens because of the impropriety to get an education with such background conditions. This study aims to describe the roles of tutors in increasing the learning motivation of students of the Program Paket C at Studio of Learning Activities of Mojoagung Jombang. This research uses descriptive qualitative approaches. Data collection techniques in this study used interviews, observations, and documentation. The research subjects of 6 people consisting of 3 co-tutors, and 3 students/learning residents. The data validity technique uses data source triangulation and methodological triangulation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and data conclusions with interactive techniques. The results obtained from this study are: (1) Facilitator tutor can effectively using the ARCS strategy which includes Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction. (2) The use of appreciative techniques, both in the form of praise and advice, which was done massively by tutors of the Program Paket C at Studio of Learning Activities of Mojoagung Jombang with not accustoming the punishment to students.
Keywords: roles of tutors, program paket C, learning motivation.