Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang memuat satu ide pokok. Aturan-aturan untuk menulis paragraf harus di kuasai oleh mahasiswa sebelum mereka menulis teks akademik seperti essai. Untuk membuat essai yang bagus, mahasiswa harus menguasai cara-cara untuk mengembangkan sebuah paragraf. Tetapi, hasil dari beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang tidak sadar terhadap aturan-aturan untuk menulis paragraf. Hal itu membuat kualitas paragraf menjadi rendah. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini menganalisis isi dari paragraf yang berkaitan dengan struktur kalimat, ide pokok, kalimat pendukung, kalimat penutup untuk mengetahui keutuhan sebuah paragraf. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembentukan dari struktur kalimat mahasiswa, ide pokok, kalimat pendukung, dan kalimat penutup untuk mengetahui kesatuan paragraf. Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan desain content analysis. Data di ambil dari tulisan paragraf mahasiswa. Peneliti menjadi instrumen utama pada penelitian ini. Ary, dkk (2010) menyebutkan bahwa pada penelitian kualitatif, peneliti berperan sebagai instrumen utama. Untuk mendukung instrumen utama, semi-structured interview di ambil untuk mendukung instrumen utama untuk membuat data valid. Penemuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih memiliki masalah yang serius saat menulis paragraf. Mereka membuat anak kalimat yang berdiri sendiri yang sejatinya anak kalimat selalu membutuhkan induk kalimat. Beberapa masalah juga ditemukan pada ketidaksadaran mahasiswa tentang aturan-aturan dalam membuat kalimat. Ide kalimat, kalimat pendukung, dan kalimat penutup tidak saling terkait satu sama lain sehingga membuat paragraf tidak menjadi satu kesatuan yang utuh. Berdasarkan penemuan dari penelitian ini, mahasiswa butuh untuk diberikan koreksi yang menyeluruh supaya mereka sadar terhadap kesulitan yang mereka hadapi terkait dengan struktur kalimat, aturan untuk menulis paragraf, dan kesatuan sebuah paragraf.
Kata Kunci: Paragraf, Struktur Kalimat, Kesatuan kalimat, Analisis isi.
Paragraph writing is a group of some sentences discusses one main idea. The rules of the paragraph writing must be mastered by the students before they start to write academic writing such as an essay. To make a good essay, the students should master in developing a good paragraph. However, some studies conducted by several researchers show that many L1 students are not aware of the rules of paragraph writing. It makes the content of the paragraph has low quality. Dealing with this problem, this study attempts to analyze the content of paragraph writing related to the sentence structure, topic, supporting, concluding to know the unity of the paragraph. The aims of this study are to describe the students’ construction of the sentence structure, topic, supporting, and concluding sentence to know the unity of the paragraph writing. This study is qualitative research with content analysis design. The data is taken from students in paragraph writing. The researcher as the main instrument of this study. As Ary et al (2010) state that in qualitative research, the researcher acts as the main instrument. To support the main instrument, a semi-structured interview is taken to support the main instrument. The findings of the study show that the students still faced a serious problem in paragraph writing. They failed in making a dependent clause which stands by its own. Some problems are also found that the students are not aware of the rules of paragraph writing. How to make a topic sentence, supporting sentence, and concluding sentence is irrelevant one another which makes the paragraph leads not to unity. Based on the findings of this study, the students need to give complete feedback to the students to be aware of the problem that they have done related to the sentence structure, the rule of paragraph writing, and unity of paragraph.
Keyword: Paragraph Writing, Sentence Structure, Unity, Content analysis.