Rendahnya minat berwirausaha mahasiswa dapat mengakibatkan tingginya jumlah pengangguran dan rendahnya jumlah wirausaha sedangkan pertumbuhan jumlah wirausaha disuatu negara terletak pada peran perguruan tinggi dalam rangka penyelenggaraan mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa, mata kuliah ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha mahasiswa sehingga mahasiswa mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.Pengaruh hasil belajar mata kuliah kewirausahaan terhadp minat berwirausaha mahasiswa 2.Pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha mahasiswa 3. Pengaruh hasil belajar mata kuliah kewirausahaan dan jenis pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS 23.0. Sampel sebanyak 163 orang mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Unesa yang telah memprogram mata kuliah kewirausahaan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan model skala Guttman. Hasil peneltian menunjukan bahwa 1. terdapat pengaruh hasil belajar mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa 2.Tidak terdapat pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha mahasiswa 3.Terdapat pengaruh secara simultan antara hasil belajar mata kuliah kewirausahaan dan jenis pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha mahasiwa.
The low interest in student entrepreneurship can result in a high number of unemployed and low numbers of entrepreneurs while the growth in the number of entrepreneurs in one country lies in the role of universities in the implementation of entrepreneurship courses for students, this course is an effort to foster student entrepreneurship so that students are able to create a field work for himself and others. This study aims to find out 1.The effect of learning outcomes on entrepreneurship courses on the interest of student entrepreneurship 2.The effect of the type of work of parents on the interests of student entrepreneurship 3.The effect of learning outcomes on entrepreneurship courses and the type of work parents have on the interests of student entrepreneurship. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis using SPSS 23.0 software. A sample of 163 students from Unesa's economic education department who had programmed entrepreneurship courses using proportional random sampling techniques. The data collection technique was carried out using a questionnaire with a Guttman scale model. The results of the study show that 1.There are influences on the learning outcomes of entrepreneurship courses on the interests of student entrepreneurship 2.There is no influence of the type of work of parents on the interests of student entrepreneurship 3.There is a simultaneous influence between learning outcomes in entrepreneurship courses and the type of work parents have to interest in entrepreneurship student