Formulate merupakan kegiatan mengubah secara bertahap masalah kontekstual yang disajikan ke dalam model matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal PISA kategori formulate pada setiap konten. Subjek yang diambil yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Krian. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 4 siswa yang berbeda untuk 4 konten PISA. Kriteria subjek yang dipilih yaitu siswa yang memiliki kelengkapan jawaban, berindikasi memahami soal namun salah dalam memodelkan soal, variasi kesalahan pada jawaban, dan memiliki keterbukaan dan kelancaran dalam berkomunikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes yang terdiri dari empat butir soal PISA kategori formulate pada setiap konten dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator kesalahan siswa pada proses formulate dan indikator jenis kesalahan sehingga dapat ditemukan upaya untuk meminimalisir kesalahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada konten perubahan dan hubungan, kesalahan siswa pada proses formulate antara lain kesalahan memahami soal yaitu tidak dapat memproses informasi yang didapat, kesalahan mentransformasi soal yaitu salah dalam menuliskan prosedur penyelesaian, dan kesalahan keterampilan proses yaitu salah dalam proses perhitungan. Pada konten ruang dan bentuk, kesalahan siswa pada proses formulate antara lain kesalahan memahami soal yaitu tidak lengkap menuliskan informasi penting pada soal dan kesalahan keterampilan proses yaitu salah dalam memilih rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal. Pada konten bilangan kesalahan siswa pada proses formulate anatara lain kesalahan memahami soal yaitu tidak dapat memproses informasi yang didapat, kesalahan mentransformasi soal yaitu salah dalam mengubah kalimat yang ada pada soal menjadi bentuk matematis, dan kesalahan keterampilan proses yaitu salah dalam proses perhitungan. Pada konten ketidakpastian dan data kesalahan siswa pada proses formulate antara lain kesalahan membaca soal yaitu salah dalam membaca kata penting pada soal, kesalahan mentransformasi yaitu tidak lengkap dalam menuliskan prosedur penyelesaian, dan kesalahan keterampilan proses yaitu salah dalam memilih rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal. Upaya untuk meminimalisir kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal PISA kategori formulate yaitu dengan menerapkan kegiatan pembelajaran yang meliputi: (1) Membentuk kelompok belajar, (2) Menyajikan suatu permasalahan khusus, (3) Menggeneralisasikan permasalahan, (4) Memberi latihan permasalahan kontekstual dari konsep yang ditemukan dan menggabungkan beberapa konsep terdahulu, dan (5) Melakukan refleksi sehingga siswa dapat lebih memahami apa yang baru dipelajarinya sebagai struktur pengetahuan baru.
Kata Kunci: analisis kesalahan, formulate, konten PISA, upaya.
Formulate is the activity of gradually changing the contextual problems presented into a mathematical model. This research is a qualitative descriptive study aimed at describing students' mistakes in completing PISA questions in the formulate category on each content. Subjects taken were students of class VIII at SMP Negeri 2 Krian. The subjects in this study consisted of 4 different students for 4 PISA content. The criteria of the chosen subject are students who have complete answers, indicate that they understand the questions but are wrong in modeling the problems, variations in errors in the answers, and have openness and fluency in communication. Data collection was carried out by administering a test consisting of four PISA questions in the formulate category for each content and interview. Data were analyzed based on student error indicators in the formulate process and indicators of the type of error so that an attempt was found to minimize errors.
The results showed that in the content of change and relationships, students' mistakes in the formulate process included errors in understanding the questions that were not able to process the information obtained, errors in transforming the problem that was wrong in writing the completion procedures, and errors in the process skills, namely in the calculation process. In the content of space and form, students' mistakes in the formulate process include mistakes in understanding the problem, which is incomplete writing important information on the problem and the process skill error, which is wrong in choosing the formula that will be used to solve the problem. In the content of students' error numbers in the formulate process, among others, the problem of understanding the problem is not being able to process the information obtained, the error of transforming the problem, which is wrong in changing the sentences in the problem into a mathematical form, and error processing skills, namely in the calculation process. In the uncertainty content and student error data in the formulate process, among others, reading errors is an error in reading important words in the problem, transforming errors that are incomplete in writing the completion procedure, and error processing skills, which is wrong in choosing the formula that will be used to solve the problem. Efforts to minimize errors experienced by students in completing PISA questions in the formulate category are by implementing learning activities that include: (1) Forming study groups, (2) Presenting a specific problem, (3) Generalizing problems, (4) Providing practice contextual problems from the concepts found and combining some of the previous concepts, and (5) reflecting so that students can better understand what they have just learned as new knowledge structures.
Keywords: error analysis, formulating, PISA’S content, effort.