Perbandingan Persepsi Fonologis Siswa Tunarungu Ekstrover dan Introver
Comparison of the phonological perception of deaf extroverted studens and introverted
ABSTRAK
Rachman, Achmad Fajar. 2020. “Perbandingan Persepsi Fonologis Siswa Tunarungu Ekstrover dan Introver”. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., dan (II) Dr. Suhartono, M.Pd.
Kata-kata kunci: persepsi, fonologis, siswa tunarungu ekstrrover, dan siswa tunarungu introver.
Penelitian ini bertujuan mengkaji perbandingan persepsi fonologis yang dilakukan oleh siswa tunarungu ektrover dan introver, yang meliputi (1) perbandingan persepsi fonologis siswa tunarungu ketrover dan introver dari aspek produksi bunyi yang didengar; (2) perbandingan persepsi fonologis siswa tunarungu ketrover dan introver dari aspek fonotaktik; (3) perbandingan persepsi fonologis siswa tunarungu ketrover dan introver dari aspek struktur suku kata. Sebagaimana tujuan penelitian, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai satu di antara acuan referensi dalam bidang ilmu psikolinguistik, khususnya persepsi fonologis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan jenis penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskrispsikan secara menyeluruh tentang perbandingan persepsi fonologis yang dilakukan oleh siswa tunarungu ektrover dan introver. Data penelitian ini berfokus pada persepsi fonologis yang diwujudkan dalam bentuk tulisan siswa tunarungu yang didasarkan pada tuturan peneliti. Siswa tunarungu akan menuliskan semua kata yang diberikan oleh peneliti dengan berdasarkan ilmu dan pemahaman yang mereka miliki. Sumber data penelitian ini adalah siswa tunarungu SMALB B Karya Mulia kelas X yang berjumlah 10 siswa. Alasan terpilihnya kelas X menjadi sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X belum terlalu disibukkan dengan praktik keterampilan seperti yang dilakukan kelas XI dan kelas XII, sehingga siswa kelas X memiliki waktu yang lebih banyak dalam menerima materi pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keberpengaruhan persepsi yang dihasilkan dengan kepribadian siswa. Keberpengaruhan tersebut terlihat pada hasil perbandingan produksi bunyi, fonotaktik, dan struktur suku kata. Berdasarkan kualitas persepsi yang dilakukan oleh siswa tunarungu ektrover lebih baik dari[ada siswa tunarungu introver. Apabila berdasarkan variasi, persepsi yang dilkaukan oleh siswa tunarungu introver lebih tinggi daripada yang dilakukan oleh siswa tunarungu ektrover. Hal tersebut terjadi di semua perbandingan mulai dari produksi bunyi, fonotaktik, dan struktur suku kata. Berdasarkan hasil, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam penelitian lain, baik penelitian yang menggunakan sumber data sama maupun teori yang sama.
ABSTRACT
Rachman, Achmad Fajar. 2020. "Comparison of the phonological perception of deaf extroverted studens and introverted". Thesis, Indonesian Language and Literature Education Study Program, Surabaya State University Postgraduate Program. Supervisor: (I) Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., and (II) Dr. Suhartono, M.Pd.
Key words: perceptions, phonologists, extrroverted deaf students, and introverted deaf students.
This study aims to examine the comparison of phonological perceptions conducted by deaf and introverted deaf students, which includes (1) comparison of the phonological perceptions of deaf and introverted deaf students from aspects of sound production heard; (2) comparison of the phonological perceptions of deaf and introverted students from phonotactic aspects; (3) comparison of the phonological perceptions of deaf and introverted students from aspects of syllable structure. As the purpose of the research, this research is expected to be used as one of the references in the field of psycholinguistics, especially phonological perception.
This research is a qualitative research with a descriptive approach. Based on the type of research, the method used in this study is a qualitative descriptive method that aims to describe thoroughly the comparison of phonological perceptions carried out by deaf and extroverted deaf students. The data of this study focuses on phonological perceptions that are realized in the form of deaf students' writing which is based on the utterances of researchers. Deaf students will write down all the words given by the researcher based on their knowledge and understanding. The data source of this research was deaf students of SMALB B Karya Mulia class X, totaling 10 students. The reason for choosing class X to be the source of this research data is that class X students are not too preoccupied with the practice of skills as did class XI and class XII, so that class X students have more time in receiving learning material.
The results of this study indicate that there is influence on perceptions produced with students' personalities. This influence can be seen in the results of comparison of sound production, phonotactic, and syllable structure. Based on the quality of perceptions performed by extrroverted deaf students better than [there are introverted deaf students. If based on variations, the perceptions of introverted deaf students are higher than those performed by extroverted deaf students. This happens in all comparisons from sound production, phonotactic, and syllable structure. Based on the results, this research is expected to be a reference in other studies, both studies that use the same data source or the same theory.