PERAN CAK NING SURABAYA SEBAGAI IKON PROMOSI WISATA KOTA SURABAYA TAHUN 2005-2020
Surabaya merupakan kota metropolitan yang memiliki sisi unik dalam hal pariwisata, dimana wisata Sejarah, Budaya dan MICE menjadi hal yang digaungkan oleh pemerintah kota Surabaya. Untuk mengoptimalkan potensi wisata, pemerintah kota Surabaya menggandeng Cak Ning Surabaya sebagai ujung tombak promosi wisata. Cak Ning Surabaya bersiri sejak tahun 1981 dan berdiri secara resmi sebagai paguyuban pada tahun 1985. Cak Ning Surabaya merupakan Duta Wisata yang berfokus pada kemajuan Pariwisata dan pelestarian Budaya lokal kota Surabaya. Penelitian ini membahas mengenai (1) Bagaimana peran Cak Ning Surabaya memberikan pemahaman tentang wisata Kota Surabaya kepada generasi milenial di Kota Surabaya tahun 2005-2020; (2) Bagaimana strategi Cak Ning Surabaya dalam menyampaikan nilai Historis dan Budaya Kota Surabaya kepada generasi milenial di Kota Surabaya pada tahun 2005-2020; (3) Bagaimana dampak yang dihasilkan oleh Cak Ning Surabaya terhadap gairah Pariwisata di Kota Surabaya pada tahun 2005-2020. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian sejarah ini mengumpulkan sumber data yang bersumber dari mantan pengurus Cak Ning Surabaya, dan lain-lain. Tahap kedua adalah melalui kritik sumber terkait sumber yang telah didapat. Tahap ketiga melakukan intrerpretasi sumber dengan gaya yang di peroleh, dan di tulis kembali menggunakan metode historiografi dalam bentuk uraian deskripsi secara faktual dan kronologis. Dalam perkembangannya, Cak Ning Surabaya mulai mempertegas eksistensinya sebagai Duta Wisata pada tahun 2005. Mereka mulai menunjukan keterlibatan secara lebih masif semenjak adanya otonomi daerah, dimana kepentingan pariwisata menjadi semakin meningkat pada saat itu. Efektifitas peranan Cak Ning Surabaya menjadi semakin optimal ketika memasuki tahun 2013. Dimana pada saat itu, Cak Ning Surabaya mulai menggunakan media sosial Instagram @cakningsby_ sebagai sarana pengenalan wisata Surabaya. Selain faktor media sosial, adanya Bis SSCT menjadikan mereka semakin leluasa untuk mengenalkan wisata kepada para wisatawan.
Kata Kunci: Cak Ning Surabaya, Duta Wisata, Wisata Surabaya
Surabaya is a metropolitan city that has a unique side in terms of tourism, where historical, cultural and MICE tourism is something that is promoted by the Surabaya city government. To optimize tourism potential, the Surabaya city government collaborates with Cak Ning Surabaya as the spearhead of tourism promotion. Cak Ning Surabaya has been in existence since 1981 and was officially established as a community in 1985. Cak Ning Surabaya is a Tourism Ambassador who focuses on the advancement of tourism and preserving the local culture of the city of Surabaya. This research discusses (1) How the role of Cak Ning Surabaya provides an understanding of Surabaya City tourism to the millennial generation in Surabaya City in 2005-2020; (2) What is Cak Ning Surabaya's strategy in conveying the historical and cultural values of the city of Surabaya to the millennial generation in the city of Surabaya in 2005-2020; (3) What is the impact produced by Cak Ning Surabaya on the passion for tourism in the city of Surabaya in 2005-2020. This research is descriptive qualitative in nature using historical research methods, collecting data sources from former administrators of Cak Ning Surabaya, and others. The second stage is through source criticism regarding the sources that have been obtained. The third stage is interpreting the source in the style obtained, and writing it again using the historiography method in the form of factual and chronological descriptions. In its development, Cak Ning Surabaya began to emphasize its existence as a Tourism Ambassador in 2005. They began to show more massive involvement since the existence of regional autonomy, where the importance of tourism increased at that time. The effectiveness of Cak Ning Surabaya's role became increasingly optimal when it entered 2013. At that time, Cak Ning Surabaya started using the social media Instagram @cakningsby_ as a means of introducing Surabaya tourism. Apart from the social media factor, the existence of the SSCT Bus gives them more freedom to introduce tourism to tourists.
Keywords: Cak Ning Surabaya, Tourism Ambassador, Surabaya Tourism