STUDI DAMPAK PEMBELAJARAN IPA VIA DARING TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
STUDY OF THE IMPACT OF SCIENCE LEARNING VIA ONLINE ON THE IMPLEMENTATION OF PRACTICES IN FIRST HIGH SCHOOL
Pembelajaran daring dalam masa pandemi tentunya akan mempengaruhi proses pelaksanaan praktikum yang disebabkan salah satunya karena sarana dan prasarana yang tidak memadai. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui dampak pembelajaran IPA melalui daring terhadap pelaksanaan praktikum di beberapa SMP Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari pembelajaran daring dalam kegiatan praktikum IPA yaitu pelaksanaan kegiatan praktikum dilakukan secara individu di rumah masing-masing melalui aplikasi penunjang. Penjelasan mengenai kegiatan praktikum dilakukan langsung oleh guru melalui Google Meet/Zoom serta guru juga menyediakan modul praktikum atau lembar kerja peserta didik selama praktikum. Aplikasi yang digunakan saat kegiatan praktikum secara daring berupa Zoom, Google Meet, Microsoft 365, Microsoft Forms, Microsoft Sway, PhET Simulations, dan WhatsApp. Akibat lain dari adanya pembelajaran daring adalah pelaporan kegiatan praktikum secara daring berupa video dan lembar portofolio. Setelah pengumpulan laporan praktikum, guru memberikan evaluasi dipertemuan yang akan datang. Dampak positif dari adanya kegiatan praktikum secara daring adalah meningkatkan ketrampilan belajar mandiri, kreativitas, dan literasi digital. Kendala dalam pelaksanaan praktikum secara daring adalah alat dan bahan yang terbatas, guru tidak bisa membimbing secara langsung, serta metode praktikum yang tidak variatif. Hal tersebut menyebabkan beberapa materi tidak dapat melaksanakan praktikum serta peserta didik kurang dapat memahami praktikum dengan baik.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring dan Pelaksanaan Praktikum.
Online learning during a pandemic will certainly affect the practicum implementation process, one of which is due to inadequate facilities and infrastructure. Based on this, the purpose of this study was to determine the impact of online science learning on the implementation of practicum in several East Java junior high schools. This research used surveyo research with descriptive method. Data collection methods used are interviews and questionnaires. The results of this study indicate that the impact of online learning in science practicum activities is the implementation of practicum activities carried out individually in their respective homes through supporting applications. The explanation of the practicum activities is carried out directly by the teacher through Google Meet/Zoom and the teacher also provides a practicum module or student worksheets during the practicum. Applications used during online practicum activities include Zoom, Google Meet, Micorsoft 365, Microsoft Forms, Microsoft Sway, PhET Simulations, and WhatsApp. Another consequence of online learning is the online reporting of practicum activities in the form of videos and portfolio sheets. After collecting the practicum report, the teacher gives an evaluation at the next meeting. The positive impact of online practicum activities is increasing independent learning skills, creativity, and digital literacy. Obstacles in the implementation of online practicum are limited tools and materials, teachers cannot guide directly, and practicum methods are not varied. This causes some materials to be unable to carry out the practicum and students are less able to understand the practicum well.
Keywords : Online Learning and Practicum Implementation.