EFL UNDERGRADUATE STUDENTS' SUMMARIES IN THE DEVELOPING EFL MATERIALS CLASS
Siswa dapat melakukan beberapa cara untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran di kelas berbahasa Inggris. Salah satunya adalah membuat kesimpulan/ringkasan dari perkuliahan atau buku. Penelitian ini berfokus pada ringkasan buku yang ditulis oleh mahasiswa. Membuat ringkasan bisa membantu siswa untuk memahami isi dari buku. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe ringkasan yang digunakan oleh mahasiswa dan untuk mendeskripsikan respon mereka terhadap penulisan ringkasan. Penelitian ini dilaksanakan di sebuah universitas di Surabaya. Peneliti menggunakan dua instumen untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, yaitu rubrik Type of Summaries yang diadaptasi dari Horney (2009) dan diskusi kelompok terarah. Setelah mendapatkan data, hasil dari penelitian dianalisis secara kualitatif menerapkan tiga langkah,yaitu, pengenalan & pengorganisasian, pengkodean & pengurangan, dan penafsiran & penggambaran. Hasil peneletian menunjukkan bahwa tipe-tipe ringkasan yang digunakan adalah tipe menyalin satu kalimat, menyalin beberapa kalimat, menggunakan kalimat sendiri, dan kombinasi. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesulitan Ketika membuat ringkasan. Sebagai kesimpulan, terbukti bahwa siswa masih menjiplak ketika membuat ringkasan dari buku acuan dan mereka tidak tahu bagaimana meringkas secara efektif. Implikasi dari temuan ini dipertimbangkan untuk pendidik agar mengeksplorasi siswa mereka dengan strategi parafrasa.
Students can do some ways to help them in the learning process in English class. One of them is summarizing from both lectures or books. This research focuses on the book summarization written by EFL students. Summarizing may help the students to comprehend the materials from the sourcebook. Therefore, this research aimed to identify the type of summaries used by EFL undergraduate students and to describe their responses toward summary writing. This study was conducted in a university in Surabaya. The researcher used two instruments to collect the needed data which were the Type of Summaries rubric proposed by Horney (2009), and the second is focus group discussion. After getting the data, the results were analyzed qualitatively by occupying the three stages; familiarizing & organizing, coding & reducing, and interpreting & representing. The results showed that type of summaries used by the students were copy one sentence, copy multiple sentences, own words, and combination type. Moreover, it is also found that the students had difficulties in the process of summarizing. In conclusion, it is proven that students still plagiarized when summarizing from the source book and, they did not know how to summarize effectively. The implications of these findings are considered for academic individual to explore their students with summarizing and paraphrasing strategies.