Pemanfaatan Modal Sosial Produsen Koperasi Intako Dalam Rangka Pengembangan Usaha.
Utilization of Intako Cooperative Producer Social Capital In The Context Of Business Development.
Peristiwa pandemi covid’19 yang melanda masyarakat Indonesia mengakibatkan keseluruhan aspek kehidupan mengalami krisis. Tidak hanya sektor manufaktur saja melainkan sektor UMKM juga turut terdampak situasi pandemi. UMKM di Indonesia saat ini sedang mengalami krisis ekonomi yang memerlukan perhatian yang cukup dalam mempertahankan kondisi usahanya. Koperasi Intako Tanggulangin merupakan salah satu industri yang juga terdampak dari adanya pandemi covid’19. Faktanya, ditengah masa pandemi Covid’19, Koperasi Intako Tanggulangin mengalami penurunan omset pendapatan yang cukup mengkhawatirkan. Pelaku usaha terus berupaya menumbuh-kembangkan ide atau gagasan demi tercapainya usaha agar mampu bersaing dalam persaingan global. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan modal sosial dalam rangka pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan perspektif teori Modal Sosial Pierre Bourdieu. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan modal sosial tercipta dari adanya hubungan saling mengenal dan mengakui dalam memanfaatkan sumber daya yang ada untuk dapat di tumbuh kembangkan pada usaha yang dibangun ditengah pandemi covid’19.
The Covid’19 pandemic that hit indonesian society resulted in a crisis in all aspects of life. Not only the manufacturing sector but the UMKM sector are also affected by the pandemic situation. UMKM in Indonesia are currently experiencing an economic crisis that requires sufficient attention in maintaining their business conditions. The Tanggulangin Intako cooperative is one of the industries that has also been affected by the Covid’19 pandemic. In fact, in the midst of the Covid’19 pandemic, the Tanggulangin Intako cooperative experienced an alarming decline in revenue turnover. Business actors continue to strive to develop ideas or ideas in order to achieve business in order to be able to complete in global competition. The purpose of this study is to analyze the use of social capital in the context of business development. This study uses qualitative research methods with the perspective Pierre Bourdieu social capital theory. The data analysis technique uses the concept of Miles and Huberman. The results of this study indicate that Utilization of social capital is created from a relationship of knowing and acknowledging in utilizing existing resources to be able to grow and develop in businesses built in the midst of the covid’19 pandemic.