PENGEMBANGAN MODUL POSTER PENDIDIKAN MENGGUNAKAN APLIKASI PICSART UNTUK SISWA SMPN 08 GRESIK
DEVELOPMENT OF AN EDUCATIONAL POSTER MODULE USING THE PICSART APPLICATION FOR STUDENTS OF SMPN 08 GRESIK
Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk alat pemusat perhatian yang digunakan dalam penyampaian materi. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru berupa modul. Akan tetapi diperlukan sebuah ide pembelajaran baru untuk menarik perhatian peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan modul poster pendidikan menggunakan aplikasi PicsArt untuk meningkatkan kreativitas dan nilai seni budaya pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan modul poster pendidikan menggunakan Aplikasi PicsArt, (2) Mendeskripsikan hasil pengembangan modul poster pendidikan menggunakan Aplikasi PicsArt, (3) Mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas Modul Poster Pendidikan menggunakan Aplikasi PicsArt terhadap hasil karya Poster Pendidikan pada Siswa Kelas VIII E SMPN 08 Gresik.
Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah Research & Development atau (R&D) level 4. Proses pengambilan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, pre- test post – test, dan dokumentasi yang dilakukan pada Peserta Didik Kelas VIII E SMPN 08 Gresik.
Hasil dari penelitian pengembangan Modul Poster Pendidikan Menggunakan Aplikasi PicsArt berupa proses pengembangan modul yang diawali dengan mencari studi literatur relevan untuk proses pengembangan modul, kemudian membuat desain modul menggunakan Aplikasi Canva. Modul didesain dengan ukuran A5 menggunakan kertas Artpaper 150 gr untuk cover, dan untuk isi modul dicetak menggunakan kertas Artpaper 120 gr. Setelah proses pembuatan modul, modul akan di validasi oleh Dosen Ahli Media dan Ahli Materi. Nilai akhir validasi oleh Validator Ahli Media mendapatkan skor sebesar 92% sedangkan dari validator Ahli Materi mendapatkan skor sebesar 82,2% yang berarti Modul mendesain poster menggunakan Aplikasi PicsArt telah valid dan layak untuk di uji cobakan.
Pengembangan Modul Poster Pendidikan Menggunakan Aplikasi PicsArt yang telah Peneliti susun berdasarkan hasil validasi adalah modul berisi cover yang dicetak menggunakan kertas Artpaper 150 gr, Isi dalam modul berisi 3 bagian. Bagian yang pertama berisi Kata Pengantar, Petunjuk Penggunaan Modul, Daftar Isi, Profil Pelajar Pancasila, Capaian Pembelajaran Seni Rupa, Peta Konsep & Tujuan Pembelajaran. Bagian kedua berisi tentang Bab 1 Desain Poster, Bab 2 Poster Pendidikan, dan Bab 3 Aplikasi PicsArt. Bagian ketiga berisi Praproyek, Latihan Ulangan, Soal HOTS, Instrumen Penilaian, Kunci Jawaban, Instrumen Sikap, Tentang Penulis, Daftar Pustaka, dan Catatan.
Efektivitas Modul Mendesain Poster dilakukan dengan melakukan uji coba kelompok kecil pada Peserta didik kelas VIII E, yang menghasilkan nilai angket dari pembelajaran menggunakan modul mendesain poster Pendidikan sebesar 97, 67% yang berarti modul dapat dinyatakan layak dan valid. Kemudian untuk mengetahui tingkat keefektivitasan modul poster Pendidikan dengan melakukan Pre-test dan Post-test kepada Peserta didik kelas VIII E. Hasil rata – rata nilai Pre-test peserta didik sebesar 81,15, sedangkan untuk hasil rata – rata nilai Post-test peserta didik sebesar 82,71. Artinya peserta didik mengalami peningkatan nilai karya poster Pendidikan, dan modul poster Pendidikan menggunakan Aplikasi PicsArt efektif dalam meningkatkan nilai poster Pendidikan peserta didik kelas VIII E SMPN 08 Gresik.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Poster Pendidikan, Aplikasi PicsArt.
Learning media is a form of concentration tool used in delivering material. One of the learning media that is often used by teachers is in the form of modules. However, a new learning idea is needed to attract the attention of students. Therefore, researchers developed an educational poster module using the PicsArt application to increase creativity and cultural arts values in students.
This study aims to (1) describe the process of developing an educational poster module using the PicsArt application, (2) describe the results of the development of an educational poster module using the PicsArt application, (3) identify and describe the effectiveness of the educational poster module using the PicsArt application for the results of educational posters for students Class VIII E SMPN 08 Gresik.
The research method used for this study was Research & Development or (R&D) level 4. The data collection process was carried out using observation, interviews, questionnaires, pre-test post-test, and documentation which were carried out on Class VIII E Students of SMPN 08 Gresik .
The results of the research on the development of the Educational Poster Module Using the PicsArt Application are in the form of a module development process that begins with finding relevant literature studies for the module development process, then creating a module design using the Canva Application. The module is designed in A5 size using 150 gr Artpaper paper for the cover, and the contents of the module are printed using 120 gr Artpaper paper. After the module creation process, the module will be validated by Media Expert Lecturers and Material Experts. The final value of validation by the Media Expert Validator gets a score of 92% while the Material Expert validator gets a score of 82.2%, which means that the poster designing module using the PicsArt Application is valid and feasible to be tested.
Development of an Educational Poster Module Using the PicsArt Application that the Researcher has compiled based on the validation results is a module containing a cover printed using 150 gr Artpaper, The contents of the module contain 3 parts. The first part contains the Preface, Instructions for Using the Module, Table of Contents, Pancasila Student Profiles, Achievements in Fine Arts Learning, Concept Maps & Learning Objectives. The second part contains Chapter 1 Poster Design, Chapter 2 Educational Posters, and Chapter 3 of the PicsArt Application. The third part contains Pre-projects, Rehearsals, HOTS Questions, Assessment Instruments, Answer Keys, Attitude Instruments, About the Author, Bibliography, and Notes.
The effectiveness of the Poster Design Module was carried out by conducting small group trials on VIII E class students, which resulted in a questionnaire score from learning using the Education poster designing module of 97.67%, which means the module can be declared feasible and valid. Then to find out the level of effectiveness of the Education poster module by conducting a Pre-test and Post-test to Class VIII E students. students at 82.71. This means that students experience an increase in the value of Educational poster works, and the Educational poster module using the PicsArt Application is effective in increasing the value of Education posters for class VIII E students of SMPN 08 Gresik.
Keywords: Development, Modules, Educational Posters, PicsArt Applications.