Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains peserta didik, dan respon peserta didik terhadap diterapkannya model Guided Discovery pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII SMPN 2 Gedangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase 91,85%. Aktivitas peserta didik menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase 81,38% didukung dengan hasil pengerjaan LKPD sebesar 84,41% dengan kriteria yang juga sangat baik. Rata-rata keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil Pretest sebesar 39,13 yang meningkat menjadi 87,25 pada hasil Posttest. Ketercapaian setiap indikator keterampilan proses sains diperoleh rata-rata peningkatan (N-Gain) sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Penerapan model Guided Discovery pada materi kalor dan perpindahannya mendapat respon positif dari peserta didik dengan perolehan rata-rata respon peserta didik sebesar 88,54% dengan kriteria sangat baik yang menunjang tumbuhnya keterampilan proses sains. Berdasarkan hal tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran Guided Discovery pada materi kalor dan perpindahannya dapat menumbuhkan keterampilan proses sains peserta didik.
Goals of this research are to describe the implementation of learning, students’ science process skills, and students’ responses to the implementation of Guided Discovery model in heat material. The type of research used was Pra-experimental Design with the design of One-Group Pretest-Posttest Design. The subject of the research is 32 students of SMPN 2 Gedangan 7th graded students. Based of research result, the data shows that implementation of learning is in excellent category with 91,85%. Students’ activity is in excellent category with 81,38% that proved by 84,41% LKPD’s result which in excellent category. The average of students’ science process skills based of Pretest is 39,13 which increase to 87,25 in Posttest. The achievement of every indicators of science process skills is obtained by an average increase (N-Gain) is 0,8 that in high category. The implementation of Guided Discovery model in heat material get positive responses from students with average result of it is 88,54% in excellent category which support the growth of science process skills. Based of the data, the implementation of Guided Discovery model in heat material can encourage students’ science process skills.