STRATEGI PROMOSI ENDORSEMENT OLEH DIGITAL INFLUENCER DALAM ETIKA BISNIS ISLAM
ENDORSEMENT PROMOTION STRATEGY BY DIGITAL INFLUENCER IN ISLAMIC BUSINESS ETHICS
Promosi adalah sebuah upaya untuk menginformasikan produk kepada konsumen. Endorsement merupakan salah satu bentuk promosi. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan jasa dari publik figur atau tokoh yang terkenal untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara endorsement yang dilakukan digital influencer menurut etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakanmasih ditemukan etika yang tidak diterapkan oleh influencer dalam melakukan endorsement yaitu menutup aurat dengan benar, menyampaikan promosi secara transparan, dan tidak mengharuskan adanya label halal saat mempromosikan makanan.
Promotion is an effort to inform products to consumers. Endorsement is one type of promotional activity. This activity is carried out by using the services of public figures or well-known figures to introduce products to consumers. This research aimed to find out how digital influencers do endorsement according to Islamic business ethics. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. Techniques used to collect datain this research are interviews, observation, and documentation. The results stated that some ethics are not applied by influencers when doing endorsement, namely covering their part of body, delivering promotion transparently, and not requiring halal labels when promoting food.