PENERAPAN UNSUR SENI RUPA 2D MELALUI DOODLE ART PADA MEDIA PLASTICBAG OLEH PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 1 JOMBANG
APPLICATION OF ELEMENTS OF 2D FINE ART THROUGH DOODLE ART ON PLASTICBAG MEDIA BY STUDENTS OF CLASS XI OF SMA PGRI 1 JOMBANG
Dalam membuat karya seni terdapat media dan teknik yang dapat dieksplorasi secara bebas dan sekreatif mungkin. Namun, dikalangan anak remaja terutama kalangan anak SMA banyak sekali yang tidak tertarik dalam membuat maupun mengeksplorasi media dalam berkarya seni. Hal ini mungkin terjadi dikarenakan pembelajaran seni budaya yang diajarkan terlalu monoton dan membosankan serta penyampaian materi dengan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukannya fasilitas untuk berkarya diranah sekolah pada pelajaran seni budaya. Selain diperlukannya fasilitas, berkarya juga dapat dengan mengeksplorasi media, alat maupun bahan yang ada disekitar kita sebagai media pada pembelajaran seni budaya.
Dilaksanakannya penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui perencanaan, proses, hasil karya seni, dan pendapat guru maupun peserta didik pada kegiatan pembelajaran seni budaya mengenai penerapan unsur seni rupa 2D melalui doodle art pada media plasticbag oleh peserta didik kelas XI 4 SMA PGRI 1 Jombang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif kali ini dilakukan secara berkelompok, melakukan observasi, wawancara dan melakukan dokumentasi sebagai pengambilan sample penelitian.
Pada kegiatan pembelajaran ini, terdapat perencanaan pembelajaran yang mencakup modul ajar, persiapan materi tentang unsur seni rupa 2D dan doodle art, mempersiapkan media pembelajaran seperti plasticbag, kertas A4 dan spidol permanent, serta juga melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran.
Proses kegiatan pembelajaran ini memiliki empat pertemuan dalam satu bulan dan dilaksanakan satu minggu sekali setiap hari kamis. Pada pertemuan pertama penyampaian materi unsur seni rupa 2D dan doodle art, pembagian kelompok, sekaligus pembuatan sketsa pada kertas A4 yang telah diberikan. Pertemuan kedua pengaplikasian sketsa pada media plasticbag menggunakan spidol permanent. Pertemuan ketiga mewarnai doodle art pada satu sisi menggunakan spidol permanent. Pertemuan terakhir yakni pertemuan keempat yaitu mewarnai gambar doodle art pada sisi terakhir juga proses finishing. Setelah itu dilanjut pengisian angket, pengambilan dokumentasi, kegiatan observasi, wawancara.
Hasil pembelajaran yang dilaksanakan dengan jumlah peserta didik 36 pada XI 4, dengan dibagi menjadi 9 kelompok yang masing-masing kelompok memiliki 4 anggota yang menghasilkan 9 karya dengan hasil nilai yang beragam. Hasil dari perhitungan sesuai dengan kategori penilaian karya peserta didik mendapatkan total 89% dan dapat nyatakan memenuhi standar.
Pendapat guru seni budaya dan peserta didik kelas XI 4 SMA PGRI 1 Jombang pada pembelajaran ini juga sangat positif, dengan adanya pembelajaran ini peserta didik dapat menuangkan ekspresi, ide kreatif, imajinasi, dan juga mengeksplor media baru dalam berkarya seni melalui gambar doodle art pada media plasticbag.
Kata Kunci: Unsur Seni Rupa 2D, Doodle art, Plasticbag
In making works of art, there are media and techniques that can be explored freely and as creatively as possible. However, among teenagers, especially high school students, there are many who are not interested in making or exploring media in making art. This may happen because the learning of cultural arts is too monotonous and boring and the delivery of material by the lecture method. Therefore, facilities are needed to work in the realm of schools in cultural arts lessons. In addition to the need for facilities, creating can also be done by exploring the media, tools and materials around us as a medium for learning cultural arts.
The purpose of this research is to find out the planning, process, artworks, and opinions of teachers and students in cultural arts learning activities regarding the application of 2D art elements through doodle art on plastic bag media by students of grade XI 4 of SMA PGRI 1 Jombang. This research was carried out using a qualitative descriptive method, this qualitative research was carried out in groups, making observations, interviews and conducting documentation as a research sample.
In this learning activity, there is a learning plan that includes teaching modules, preparation of materials on elements of 2D art and doodle art, preparing learning media such as plastic bags, A4 paper and permanent markers, and also evaluating learning activities.
The process of this learning activity has four meetings in one month and is carried out once a week every Thursday. At the first meeting, the delivery of 2D fine art and doodle art element material, group division, as well as sketching on A4 paper that had been given. The second meeting was the application of sketches on plasticbag media using permanent markers. The third meeting colored the doodle art on one side using a permanent marker. The last meeting is the fourth meeting, namely coloring the doodle art on the last side as well as the finishing process. After that, it was followed by filling out questionnaires, taking documentation, observation activities, and interviews.
The learning results were carried out with a total of 36 students in XI 4, divided into 9 groups where each group had 4 members who produced 9 works with various scores. The results of the calculation in accordance with the category of assessment of students' works get a total of 89% and can be declared to meet the standards.
The opinions of cultural arts teachers and students of grade XI 4 of SMA PGRI 1 Jombang in this learning are also very positive, with this learning students can pour expressions, creative ideas, imagination, and also explore new media in making art through doodle art images on plastic bag media.
Keywords: 2D Fine Art Elements, Doodle art, Plasticbag