Mengeksplorasi Kerangka Kerja Pedagogis Multiliterasi melalui Pembacaan Kritis Siswa di Kelas ELT
Exploring Multiliteracies Pedagogical Framework through Students’ Critical Reading in ELT Classroom
Misa, Mikhael. 2022. “Mengeksplorasi Kerangka Pedagogis Multiliterasi melalui Keterampilan Membaca Kritis Siswa di Kelas ELT”. Disertasi. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Surabaya. Promotor : Dr. Oikurema Purwati., M.Appl. dan Co-Promotor: Drs. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum, M.A, Ph,D.
Kata kunci: Pedagogi Multiliterasi, Membaca Kritis, Kelas ELT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kerangka kerja pedagogis multiliterasi melalui keterampilan membaca kritis mahasiswa di kelas ELT dan juga untuk mengetahui persepsi siswa dan guru tentang implementasi pedagogi multiliterasi melalui keterampilan membaca kritis di kelas ELT. Penelitian ini berlangsung di Program Studi Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan data yang ditranskrip, dikodekan, data ditampilkan, dan interpretasi data. Penelitian ini melibatkan 18 mahasiswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan sebagai partisipan dalam pengajaran membaca kritis di kelas ELT dengan mengimplementasikan kerangka pedagogi multiliterasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen multiliterasi dapat dilihat dalam proses belajar mengajar. Pada komponen pertama, 'situated practice', terdapat lima subkategori. Selanjutnya, hanya empat subkategori yang terpenuhi. Kedua, 'overt instruction', terdapat tiga subkategori. Ketiga subkategori tersebut terpenuhi dalam proses belajar mengajar. Ketiga, 'critical framing', ada empat subkategori. Keempat subkategori tersebut terpenuhi dalam proses belajar mengajar. Dan kemudian, keempat, 'transformed practice', ada tiga subkategori. Dari ketiga subkategori tersebut, hanya satu subkategori yang terpenuhi sedangkan dua subkategori lainnya tidak terpenuhi. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini tidak mencakup seluruh subkategori kerangka pedagogi multiliterasi sehingga siswa tidak dapat memperoleh kompetensi multiliterasi. Disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menerapkan pedagogi multiliteracies melalui keterampilan membaca kritis siswa di kelas ELT.
Misa, Mikhael. 2022. “Exploring Multiliteracies Pedagogical Framework through Students' Critical Reading on ELT Classroom". Dissertation. Postgraduate Program in Language Education and Literature. The State University of Surabaya. Promotor: Dr. Oikurema Purwati., M. Appl. and Co-Promotor: Drs. Pratiwi Retnaningdyah, M. Hum, M.A, Ph,D.
Keywords: Multiliteracies Pedagogy, Critical Reading, ELT Classroom
This study aims to determine the implementation of multiliteracy pedagogical framework through students' critical reading on ELT classrooms and also to determine students’ and teachers' perception of the implementation of multiliteracies pedagogy through critical reading skills on ELT classrooms. This research took place in the English Study Program. This research used qualitative techniques. Observation and interviews were used to collect data. The collected data were analyzed using data transcribed, coded, data displayed, and data interpretation. This study involved 18 students consisting of 8 males and 10 females in teaching critical reading in ELT classrooms by implementing the multiliteracy pedagogy framework. The results showed that the components of multiliteracies could be seen in the teaching and learning process. There are five subcategories in the first component, 'situated practice'. Furthermore, only four subcategories were fulfilled. Second, 'overt instruction', there are three subcategories. All three subcategories were fulfilled in the teaching and learning process. Third, 'critical framing', there are four subcategories. All four subcategories are fulfilled in the teaching and learning process. And then, fourth, 'transformative practice', there are three subcategories. From the three subcategories, only one subcategory was fulfilled, while the other two subcategories were not fulfilled. It can be concluded that this study did not cover the whole subcategories of multiliteracies pedagogy frameworks, so students cannot acquire multiliteracies competence. It is recommended for English teachers to implement multiliteracies pedagogical framework through students' critical reading skills in ELT classes.