ABSTRAK
Hitijahubessy, Marisa Felia. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Kalor Berorientasi Model Inkuiri Termbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SMA Dr. Soetomo. Makalah Komprehensif, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Soegimin, W.W dan (II) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Pengembangan Perangkat, Model Inkuiri Terbimbing, Kalor, Peningkatan Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang layak (valid, praktis, dan efektif) digunakank dalam proses belajar mengajar dikelas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Four-D dan diterapkan dikelas XI MIPA SMA Dr. Soetemo Surabaya Semester II Tahun Ajaran 2018/2019 dengan uji coba pra-eksperimental one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes tertulis, dan angket. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikategorikan valid dengan skor 3,71 dengan reliabilitas 89%; Aktivitas siswa dalam pembelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata reliabilitas 92%; Respon siswa terhadap pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan persentase 95%; Hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan sehingga perangkat pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA pada materi Kalor.
ABSTRACT
Hitijahubessy, Marisa Felia. 2019. Development of Learning Package in Oriented Learning Materials Guided Inquiry Models to Improve Learning Outcomes in High School Students Dr. Soetomo. Comprehensive Paper, Science Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Drs. Soegimin, W.W and (II) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
Keywords: Device Development, Guided Inquiry Model, Heat, Improved Learning Outcomes
This study aims to based on a learning package that is appropriate (valid, practical, and effective) guided inquiry models used in the teaching and learning process in the classroom. Learning tools developed using the Four-D model and applied in class XI MIPA SMA Dr. Soetemo Surabaya Semester II Academic Year 2018/2019 with trials of pre-experimental one group pretest-posttest design. Data collection uses validation, observation, written tests and questionnaires. The research data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The results showed that the learning package was categorized as valid with a score of 3.71 with reliability of 89%; Students activities in learning are categorized as good with an average reliability of 92%; Students responses to guided inquiry model learning with a percentage of 95%; Student learning outcomes classically reach 85%. Based on the results of the research, it can be concluded that the guided inquiry learning model developed has met the criteria of validity, practicality, and effectiveness so that this learning device is feasible to be used in the learning process to improve the physics learning outcomes of high school students in the Heat material.