PENERAPAN COST VOLUME PROFIT (CVP) ANALYSIS PADA UMKM PERMATA BAKERY
ABSTRAK
Oleh :
Bella Dwi Aprilia
Perusahaan manufaktur baik berskala kecil dan besar memiliki tujuan yaitu memperoleh laba yang optimal agar dapat mengembangkan usaha. Laba optimal dapat diukur melalui indikator pencapaian target laba yang sudah ditetapkan oleh setiap masing-masing perusahaan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan Cost Volume Profit (CVP) Analysis. Permata Bakery belum menerapkan analisis tersebut sehingga tidak mampu memperoleh laba sesuai target 20% yang sudah ditentukan bahkan pernah mengalami kerugian dan harus mengubah harga jual produk. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Cost Volume Profit Analysis pada Permata Bakery dengan menggunakan beberapa langkah teknik yaitu merekapitulasi beban-beban, mengklasifikasikan berdasarkan beban tetap dan beban variabel, menentukan margin kontribusi, membuat laporan laba rugi kontribusi, menghitung nilai penjualan pada titik impas dan pada target laba, menghitung margin kemanan dan operating laverage, menganalisis serta menarik kesimpulan.
Pada akhir penulisan, Permata Bakery mamiliki rasio yang cukup baik pada keadaan saat perubahaan harga jual yaitu margin kontribusi 14,15%, margin kemanan 42,2% dan operating laverage 2,37%. Oleh sebab itu untuk perencanaan laba di periode mendatang, disarankan untuk Permata Bakery menggunakan kebijakan harga yang baru agar laba dapat dicapai lebih optimal.
Kata kunci : Cost Volume Profit Analysis, Perencanaan laba
ABSTRACT
APPLICATION OF ANALYSIS COST VOLUME PROFIT (CVP) IN UMKM PERMATA BAKERY
By :
Manufacturing companies both small and large scale have the goal of obtaining optimal profits in order to develop the business. Optimal profit can be measured through indicators of achieving profit targets that have been set by each of each company. One way to achieve this goal is to use Cost Volume Profit (CVP) Analysis. Permata Bakery has not yet implemented the analysis so that it is unable to make a profit according to the specified 20% target and has even experienced a loss and has to change the product selling price. This writing aims to determine the implementation of Cost Volume Profit Analysis at Permata Bakery by using several technical steps namely recapitulating expenses, classifying based on fixed expenses and variable expenses, determining contribution margins, making profit and loss contribution statements, calculating sales value at the break-even point and at profit target, calculate safety margin and operating leverage, analyze and draw conclusions.
At the end of writing, Permata Bakery has a fairly good ratio in the situation when the selling price changes namely contribution margin of 14.15%, security margin of 42.2% and operating leverage of 2.37%. Therefore for future earnings planning, it is recommended for Permata Bakery to use a new pricing policy so that profits can be achieved more optimally.
Keywords: Cost Volume Profit Analysis, Profit Planning